Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

JALUR DISTRIBUSI, Instruksi Hatta Ditindaklanjuti

Kamis, 21 Juli 2011 – 07:24 WIB
JALUR DISTRIBUSI, Instruksi Hatta Ditindaklanjuti - JPNN.COM
JAKARTA-Permintaan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa agar jalur distribusi pangan diperbaiki langsung direspons pejabat-pejabat terkait. Hatta menegaskan, bahan pokok harus sampai tujuan tanpa keterlambatan. Sehingga tidak terjadi kelangkaan yang mengakibatkan melambungnya harga saat Ramadan dan Lebaran. Manager Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Pelabuhan Merak Zailis Anas mengatakan, pihaknya mengoperasikan 24-26 kapal Roro setiap harinya. Dengan demikian tidak ada penumpukan truk di pelabuhan Merak Jalur penyeberangan Merak-Bakauheni memang menjadi titik rawan dalam rantai distribusi logistik.

Armada kapal yang kurang sering mengakibatkan penumpukan truk. Padahal Merak-Bakauheni merupakan jalur distribusi logistik utama yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Sumatera. Zailis mengakui, beberapa hari lalu sempat terjadi lagi antrean truk di Pelabuhan Merak. Itu terjadi karena peningkatan jumlah truk menjelang Ramadan belum diimbangi kesiapan kapal pengangkut. ’’Penumpukan truk tidak akan terjadi minimal selama Ramadan hingga Lebaran. Armada kapal berjumlah 26 cukup untuk mengangkut semua truk setiap hari,’’ kata Zailis. Dengan rata-rata kapal melakukan 3 kali perjalanan (trip) Merak-Bakauheni, berarti ada 78 trip setiap harinya. Meski terjadi peningkatan jumlah truk sekalipun, tidak akan sampai terjadi antrean di Merak. ’’Kami akan berusaha keras menyediakan 24-26 kapal setiap hari.

Para pemilik kapal juga memiliki komitmen yang sama,’’ kata Zailis. Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu juga menyatakan siap mengamankan harga kebutuhan pokok jelang puasa serta Lebaran. Pengamanan itu dilakukan dengan cara mengawasi distribusi dan pengiriman barang-barang kebutuhan pokok. ’’Kami memfokuskan pemantauan trafik angkutan barang kebutuhan pokok ke berbagai daerah. Koordinasi dengan Kementerian Perhubungan diintensifkan,’’ kata Mari. Dia memastikan, hingga akhir pekan ini kenaikan harga bahan pokok masih ada di kisaran 5 persen. ’’Kenaikan ini masih normal. Masalah yang berpotensi mengakibatkan lonjakan harga akan kami bereskan,’’ katanya. (dri)

JAKARTA-Permintaan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa agar jalur distribusi pangan diperbaiki langsung direspons pejabat-pejabat terkait.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA