Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jalur Sumbar-Riau Lumpuh Total

Kelok Sembilan dan Rantau Baringin Dihantam Longsor

Rabu, 08 Oktober 2008 – 09:23 WIB
Jalur Sumbar-Riau Lumpuh Total - JPNN.COM
Antrean kendaraan di titik longsor jalur Sumbar-Riau.
LIMAPULUH KOTA - Jalur transportasi darat penghubung Sumbar dengan Provinsi Riau, kembali putus total karena dihantam longsor, dengan panjang dan ketinggian yang berbeda, pada Selasa (7/10) siang.

“Longsor kali ini terjadi di Kilometer 20 dari Kota Payakumbuh, tepatnya di kawasan Kelok Sembilan, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, dan di kawasan Rantau Barangin, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau,” kata Kapolres Limapuluh Kota AKBP Benny Setyawan kepada Padang Ekspres (grup JPNN) di lokasi longsor.

Khusus untuk longsor yang menghantam kawasan Kelok Sembilan, terjadi sebanyak dua kali, yakni sekitar pukul 14.00 WIB dan pukul 17.30 WIB. Sampai berita ini diturunkan, sejumlah  petugas yang dibekali tiga unit alat berat, masih bekerja keras membersihkan tanah.

Berdasarkan pantauan, longsor di Kelok Sembilan disebabkan batu besar yang  berada di tebing paling atas, tiba-tiba runtuh dan menimbun badan jalan. Untung saja tidak ada pengemudi kendaraan yang ditimpanya. Meskipun demikian, longsor yang menghantam Kelok Sembilan tersebut tetap saja berakibat fatal. Setidaknya lebih dari 800 kendaraan yang rata-rata bermuatan pemudik Lebaran 1429 Hijriah, terjebak dalam antrean panjang.

Diperkirakan, panjang antrean mencapai 6 Kilometer. Mujur saja, sebelum lokasi longsor terdapat puluhan rumah makan dan warung minuman, sehingga para pengemudi kendaraan bisa beristirahat sambil menunggu jalan diperbaiki.

Ketua Satuan Kordinasi Penanggulangan Bencana dan Pengungsi (Satkorlak PBP) Limapuluh Kota Irfendi Arbi, optimis, longsor di Kelok Sembilan dapat diatasi.

“Sesuai pembicaraan kami dengan Kapolres, malam ini juga kami yakin longsor di Kelok Sembilan dapat teratasi. Tentu saja dengan do'a, tidak ada lagi longsor susulan,” kata Irfendi Arbi tadi malam.

LIMAPULUH KOTA - Jalur transportasi darat penghubung Sumbar dengan Provinsi Riau, kembali putus total karena dihantam longsor, dengan panjang dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close