Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jamiluddin Ragukan Survei Capres yang Tempatkan Ganjar dan RK di Posisi 3 Besar

Sabtu, 08 Mei 2021 – 23:07 WIB
Jamiluddin Ragukan Survei Capres yang Tempatkan Ganjar dan RK di Posisi 3 Besar - JPNN.COM
Hasil survei Voxpopuli Research Center terkait elektabilitas capres. Foto: ANTARA/HO-Survei Voxpopuli Research Center

jpnn.com, JAKARTA - Lembagai survei Indometer memprediksi Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Ridwan Kamil akan menjadi kandidat kuat pada Pilpres 2024 mendatang. Pasalnya, mereka konsisten bertengger di urutan tiga besar dalam berbagai survei elektabilitas capres yang dirilis setahun terakhir.

Pakar komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritongan menilai prediksi Indometeri tersebut sangat prematur. Pasalnya, banyak juga hasil survei yang tidak menempatkan ketiga tokoh itu di posisi tiga besar.

Jamiluddin mencontohkan survei Litbang Kompas yang menempatkan Prabowo Subianto dengan elektabiltas tertinggi, disusul Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, dan AHY.

Menurutnya, perbedaan posisi itu disebabkan berbagai faktor. Namun, dia mengakui bahwa semua lembaga survei menempatkan Prabowo, Ganjar dan RK di posisi enam besar.

"Lembaga survei itu memunculkan nama yang sama dalam peringkat enam besar. Hanya peringkatnya saja yang berbeda," kata Jamiluddin kepada JPNN.com, Sabtu (8/5).

Faktor pertama, kata dia, adalah metodologi survei, seperti alat ukur (instrument) dan sampel yang diteliti.

"Kalau alat ukur dan sampel yang diteliti berbeda, wajar saja kalau hasilnya juga berbeda," ujar Jamiluddin.

Faktor lain, lanjut mantan dekan IISIP Jakarta itu, waktu penelitian. Dia menyebut, penelitian yang dilakukan oleh empat lembaga survei itu tidak jauh berbeda.

Pakar komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritongan mengomentari rilis yang dikeluarkan Indometer pada enam nama kandidat capres 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close