Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jangan Berharap Nama-nama Menteri Kabinet Jokowi Diumumkan Hari Ini

Minggu, 20 Oktober 2019 – 07:20 WIB
Jangan Berharap Nama-nama Menteri Kabinet Jokowi Diumumkan Hari Ini - JPNN.COM
Presiden Jokowi bersama KH Ma'ruf Amin di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis malam (27/6). Foto: Agus Suparto/Fotografer Istana Kepresidenan

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Muhammad Qodari yakin nama-nama menteri atau susunan kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin tidak langsung diumumkan setelah pelantikan presiden dan wapres, hari ini, 20 Oktober 2019.

"Jangan pernah mengharapkan kabinet akan diumumkan segera setelah pelantikan presiden," ujar Qodari dalam diskusi soal kabinet di Jakarta, Sabtu.

Direktur Eksekutif Indo Barometer itu menyebutkan alasan atas penilaiannya itu. Pertama, karena pelantikan presiden selesai sudah terlalu sore untuk memamerkan orang-orang yang dipilih masuk dalam kabinet.

Jokowi dinilainya tipe presiden yang memajang menteri-menteri yang masuk dalam kabinet saat melakukan pengumuman, bukan berpidato tanpa orang yang ditunjuk.

"Saya menduga pengumuman kabinet, Jokowi menghadirkan personalnya, bukan pidato, menteri menunggu di rumah terkaget-kaget. Beda saat SBY, menteri menunggu wangsit," kata Qodari.

Meski Jokowi telah menyusun kabinet yang akan membantunya, Qodari yakin susunan itu masih dapat berubah sampai detik terakhir.

Presiden Jokowi juga belum memastikan kapan pengumuman nama-nama menteri.

"Pengumumannya mungkin bisa pada hari Minggu, tapi bisa juga Senin. Bisa Senin, tapi bisa juga Selasa," kata Jokowi. (antara/jpnn)

Muhammad Qodari yakin nama-nama menteri dalam susunan kabinet Jokowi-Ma’ruf langsung diumumkan setelah pelantikan presiden.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close