Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Jangan Sampai Laporan Lembaga Negara di Sidang Tahunan Hanya Seremonial

Senin, 03 Agustus 2020 – 20:30 WIB
Jangan Sampai Laporan Lembaga Negara di Sidang Tahunan Hanya Seremonial - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Arwani Thomafi berharap penyampaian laporan kinerja lembaga negara di Sidang Tahunan MPR tidak hanya menjadi seremonial saja.

Arwani menjelaskan ketika dalam praktiknya laporan itu hanya diwakili oleh presiden, maka penyampaiannya terkesan normatif, bahkan ada yang menyebut sekadar basa-basi atau terjebak pada seremonial semata.

“Ini harus dicari titik temunya. Jadi, antara keinginan yang secara ideal bahwa forum itu bisa menjadi semacam betul-betul laporan lembaga negara, tetapi di sisi lain jangan sampai forum itu hanya menjadi semacam seremonial belaka,” kata Arwani dalam Diskusi Empat Pilar MPR “Akuntabilitas Laporan Kinerja Lembaga Negara melalui Sidang Tahunan MPR" di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (3/8).

Wakil ketua Komisi II DPR itu berharap Sidang Tahunan MPR 14 Agustus ini ada perkembangan baik itu dari sisi durasi, maupun laporan.

Dia menyarankan bila durasi penyampaian tidak bisa lama, maka harusnya ada lampiran-lampiran yang bisa dibaca rakyat dan menjadi dokumen terbuka.

“Spirit-nya tidak keluar dari spirit open government dan juga keterbukaan informasi publik dan memberikan dampak ke depan atau pascapenyampaian di forum sidang tahunan,” jelas Arwani.

Sosok yang karib disapa Gus Aang itu mengatakan dengan demikian ada perbaikan yang diharapkan rakyat, maupun evaluasi-ebaluasi yang disuarakan masyarakat selama ini.

Menurut dia, hal ini harus ditanggapi dan diperhatikan para pimpinan lembaga tinggi negara sehingga  forum sidang tahunan itu betul-betul berdampak dan dirasakan masyarakat.

loading...