Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jatim dan Bengkulu Punya Hubungan Erat, Simak Penjelasan Khofifah

Senin, 03 Juli 2023 – 16:11 WIB
Jatim dan Bengkulu Punya Hubungan Erat, Simak Penjelasan Khofifah - JPNN.COM
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa duduk menjahit bendera dengan mesin yang digunakan Fatmawati Soekarno menjahit bendera merah putih pertama, di Bengkulu, Senin (3/7/2023). Foto: ANTARA/HO-Humas Pemprov Jatim

jpnn.com - BENGKULU - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan Bengkulu dan Jatim memiliki hubungan yang erat dalam sejarah.

Bengkulu tanah kelahiran Ibu Negara pertama Fatmawati Soekarno dan Jatim menjadi tempat dimakamkan Presiden Soekarno.

Selain itu, Jatim yang dahulu merupakan Kerajaan Majapahit, berkibar pertama merah putih ketika Majapahit saat itu mengibarkan.

Adapun Bengkulu tempat dijahit bendera merah putih pertama oleh Fatmawati Soekarno.

Khofifah menyatakan Pemprov Jatim siap membantu upaya mengumpulkan koleksi, dokumen, dan sejarah Fatmawati Soekarno untuk bisa ditempatkan di Museum Fatmawati di Bengkulu.

"Pokoknya begini, Jawa Timur tentu akan memberseiringi ikhtiar Ikatan Keluarga Jawa Timur (IKJT) di Bengkulu, dari mulai kemungkinan koleksi-koleksinya Ibu Fatma yang diikhlaskan untuk dititipkan di museum Ibu Fatmawati di Bengkulu," kata Khofifah di Bengkulu, Senin (3/7).

Dia mengatakan, sudah seharusnya berbagai dokumen dan koleksi Fatmawati Soekarno ditempatkan di satu museum saja, Museum Fatmawati di Provinsi Bengkulu.

Perempuan kelahiran 19 Mei 1965 itu menjelaskan kalau ada yang ingin mengetahui sejarah Fatmawati Soekarno tinggal berkunjung ke Provinsi Bengkulu dan di tempat itu sudah bisa mendapatkan wawasan yang komprehensif.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaskan Bengkulu dan Jatim memiliki hubungan yang erat dalam sejarah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close