Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

JB Foods Bayar Tebusan Ratusan Miliar Rupiah Untuk Hentikan Serangan Siber

Kamis, 10 Juni 2021 – 21:48 WIB
JB Foods Bayar Tebusan Ratusan Miliar Rupiah Untuk Hentikan Serangan Siber - JPNN.COM
Serangan siber itu melumpuhkan operasi JB Foods termasuk di Australia. (ABC News: Jim Malo)

Perusahaan global yang bergerak dalam pemrosesan daging, yakni JBS Foods, mengaku telah membayar uang tebusan senilai Rp156 miliar kepada geng peretas yang melumpuhkan operasi perusahaan tersebut selama lima hari di seluruh dunia, termasuk di Australia.

Perusahaan itu mengatakan membayar uang untuk mencegah hal-hal yang tidak diiinginkan akibat peretasan, selain juga memastikan tidak ada data yang dicuri dari sistem operasi mereka.

"Ini adalah keputusan sangat sulit yang harus dibuat untuk perusahaan dan untuk saya secara pribadi," kata Direktur Eksekutif JBS USA Andre Nogueira. 

"Namun kami merasa keputusan harus dibuat untuk mencegah adanya potensi risiko bagi pelanggan kami."

Pernyataan dari perusahaan itu menggarisbawahi penilaian Biro Penyelidik Federal (FBI) bahwa kelompok kriminal ini adalah "satu dari kelompok kriminal siber paling canggih di dunia".

Uang tebusan itu dibayarkan dalam bentuk Bitcoin.

"Preseden yang berbahaya"

Dalam reaksinya, seorang analis pasar di Australia, Matt Dalgleish dari perusahaan Thomas Elder Markets mengatakan dia terkejut dengan pengumuman JBS Foods.

"Fakta bahwa A: Mereka membayar tebusan, dan B: Mereka mengakuinya sangatlah mengejutkan, namun saya kira sekarang sudah jadi hal biasa dan mereka tidak punya banyak pilihan," katanya.