Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

RIP Kirra, Numbat Betina yang Selamatkan Spesiesnya dari Kepunahan

Kamis, 10 Juni 2021 – 21:27 WIB
RIP Kirra, Numbat Betina yang Selamatkan Spesiesnya dari Kepunahan - JPNN.COM
Seekor numbat, hewan asli Australia, yang diberi nama Kirra, dilaporkan mati di kebun binatang Perth. Kirra disebut-sebut sebagai numbat tertua di dunia. (Supplied: Perth Zoo)

Seekor numbat betina, binantang khas Australia, yang disebut-sebut sebagai yang tertua di dunia telah mati di Kebun Binatang Perth. Ia telah berhasil menyelamatkan spesiesnya dari kepunahan.

Numbat yang diberi nama Kirra ini mati dalam usia 11 tahun pekan ini, setelah melahirkan keturunan sebanyak 20 ekor semasa hidupnya.

Kini anak-anak keturunan Kirra diharapkan akan meneruskan kelangsungan hidup spesies binatang yang sudah terancam punah ini.

Diperkirakan tidak sampai seribu ekor numbat yang masih hidup di alam liar saat ini dan hanya ada dua lokasi populasinya di Australia Barat.

Pihak Perth Zoo menjalankan program pembibitan untuk menambah jumlah populasi numbat.

Menurut Dr Peter Mawson, manager program tersebut, kontribusi Kirra dalam melestarikan spesiesnya sangat besar.

“Numbat termasuk hewan yang sangat sulit mempunyai anak. Mereka hanya melahirkan maksimal empat ekor anak setahun dan masa produktifnya hanya empat tahun," jelasnya.

“Kontribusinya luar biasa. Sangat jarang kami mendapatkan betina yang mendukung kelangsungan hidup anak-anaknya dari tahun ke tahun," katanya.

Seekor numbat betina, salah satu binatang khas Australia, yang disebut-sebut sebagai yang tertua di dunia telah mati di Kebun Binatang Perth

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close