Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jelang MotoGP 2021, Kementerian PUPR Terus Tata Kawasan Mandalika Lombok

Sabtu, 05 September 2020 – 13:40 WIB
Jelang MotoGP 2021, Kementerian PUPR Terus Tata Kawasan Mandalika Lombok - JPNN.COM
Konsep utuh Sirkuit Mandalika di Lombok, Indonesia. Foto: tangkapan layar video

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan pembangunan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menjadi salah satu destinasi wisata unggulan kelas dunia.

Hal ini sejalan juga dengan rencana pelaksanaan MotoGP di Mandalika pada 2021 nanti, sekaligus upaya Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur di KSPN direncanakan secara terpadu, baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

“Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki adalah infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi," katanya melalui keterangan resmi yang diterima, Sabtu (5/9).

Dukungan Kementerian PUPR di Mandalika di antaranya meliputi konektivitas, pengendali banjir serta sarana dan prasarana penunjang pariwisata. "Itu yang harus kami jaga betul," lanjutnya.

Saat ini, melalui Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR tengah membangun saluran pengendali banjir KEK Mandalika sepanjang 5 km. 

Progres fisik pembangunan saluran pengendali banjir KEK Mandalika saat ini mencapai 51.25 persen dan ditargetkan dapat selesai pada Desember 2020 dengan anggaran sebesar Rp75 miliar.

Sedangkan, di bidang konektivitas, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga melakukan pembangunan jalan akses Bypass Bandara International Lombok (BIL) dengan typical desain overpass.

Kementerian PUPR tengah melakukan pembangunan infrastruktur di KSPN yang direncanakan secara terpadu di kawasan Mandalika jelang perhelatan MotoGP 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close