Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jelang Ramadan, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Hadiri Rakor HBKN dan Pengendalian Inflasi

Selasa, 05 Maret 2024 – 08:53 WIB
Jelang Ramadan, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Hadiri Rakor HBKN dan Pengendalian Inflasi - JPNN.COM
Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni bersalaman dengan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian saat menghadiri Rakor HBKN Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Puasa dan Idulfitri 2024 di Jakarta, Senin (4/3). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Puasa dan Idulfitri 2024 sekaligus Rakor Pengendalian Inflasi di Daerah.

Kegiatan ini diselenggarakan Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Ballroom Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Senin (4/3).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian yang memimpin rapat koordinator dalam kesempatan itu mengingatkan seluruh kepala daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk terus memantau ketersediaan pangan dan kebutuhan bahan pokok masyarakat selama Ramadan.

"Setiap minggu kita menggelar rapat secara rutin untuk terus menjaga kestabilan inflasi. Rapat ini juga diadakan sejak September tahun lalu. Saya minta kepala daerah mengajak Forkopimda untuk terus menjaga situasi di masyarakat agar tetap tenang, menggalakkan pasar murah dan menjaga ketersediaan pangan di daerah," kata Mendagri Tito.

Eks Kapolri itu menyebutkan peran pemerintah daerah dan Forkopimda dalam menjaga ketersedian pangan saat Ramadan dan Idulfitri sangat penting guna mengendalikan inflasi.

Menurut Tito, melalui rapat teknis Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) diharapkan dapat menjaga pasokan bahan pokok dan barang penting, pencanangan gerakan menanam, melaksanakan operasi pasar murah bersama dinas terkait dan melaksanakan sidak ke pasar.

“Distributor agar tidak menahan barang dan berkoordinasi dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan," pesan Mendagri itu.

Selain itu, Mendagri Tito meminta pemda juga merealisasikan Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk dukungan pengendalian inflasi serta memberikan bantuan transportasi dari APBD.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menghadiri Rakor HBKN 2024 dan Pengendalian Inflasi di Jakarta bersama Mendagri Tito Karnavian dan Kepala Bapanas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close