Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jika Skenario Ini Berhasil, Jokowi Bisa Jadi King Maker

Rabu, 25 Mei 2022 – 21:30 WIB
Jika Skenario Ini Berhasil, Jokowi Bisa Jadi King Maker - JPNN.COM
Dokumentasi -Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia Democratic Policy Satyo Purwanto menyebut posisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi king maker pada 2024 tergantung dengan jumlah kandidat.

"Sangat tergantung sukses tidaknya skenario tiga pasang Capres-Cawapres 2024," kata Satyo melalui layanan pesan, Rabu (25/5).

Aktivis 1998 itu mengatakan bahwa skenario tiga pasang kandidat Capres-Cawapres 2024 akan sangat tergantung dengan kesolidan Golkar di bawah kendali Airlangga Hartarto.

"Sebab jika terjadi kontraksi di internal Partai Golkar sebelum masa pendaftaran capres, akan berdampak untuk skenario tiga pasang capres-cawapres," ungkap Satyo.

Dia pun membeberkan Jokowi tentu sangat sulit mengurusi urusan pencapresan di PDIP karena akan tergantung oleh Megawati Soekarnoputri selaku ketum parpol itu.

"Kemudian untuk poros NasDem juga akan menjadi pusaran koalisi lainnya yang kemungkinan akan beraliansi dengan para parpol yang akan mengusung Anies Baswedan," kata Satyo. 

Sementara itu, Pengamat politik Ubedilah Badrun merasa tidak yakin Presiden Jokowi memiliki kapasitas menjadi king maker yang bisa menentukan peserta dan pemenang Pilpres 2024.

"Jokowi tidak memiliki kapasitas untuk menjadi king maker politik 2024," kata Ubedilah melalui layanan pesan, Rabu (25/5).

Satyo Purwanto menyebut posisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi king maker pada Pilpres 2024 tergantung pada hal ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close