Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jika Vaksinasi Efektif, Australia Bisa Buka Perbatasan Lebih Awal

Kamis, 04 Februari 2021 – 23:59 WIB
Jika Vaksinasi Efektif, Australia Bisa Buka Perbatasan Lebih Awal - JPNN.COM
Pemerintah Austraia mengisyaratkan bisa membuka kembali perbatasan untuk kedatangan internasional bila program vaksinasi bisa mencegah penularan COVID-19. (ABC News: Margaret Burin)

Australia bisa membuka perbatasan internasionalnya lebih awal, apabila jika program vaksinasi COVID-19 terbukti efektif dalam mencegah penularan.

  • Sejauh ini belum diketahui seberapa efektif vaksinasi COVID-19 dalam mencegah penularan virus corona
  • Prioritas pemerintah Australia saat ini yaitu mencegah rakyatnya agar jangan sampai terinfeksi COVID-19
  • Sekjen Depkes Prof Brendan Murphy akan disuntik vaksin buatan AstraZeneca, sementara PM Scott Morrison dengan vaksin buatan Pfizer

 

Perbatasan Australia telah ditutup untuk kedatangan dan keberangkatan internasional sejak Maret tahun lalu, dengan sejumlah pengecualian. Hal ini dinilai sebagai salah satu faktor keberhasilan Australia menangani pandemi.

Sekretaris Jenderal Departemen Kesehatan Profesor Brendan Murphy bulan lalu menyatakan tipis kemungkinan perbatasan akan dibuka kembali pada tahun 2021.

Namun pekan ini, Prof Murphy menyebut langkah pemerintah terkait soal perbatasan akan ditentukan oleh seberapa efektif vaksinasi COVID-19 dalam mencegah terjadinya penularan.

"Bila vaksin ini efektif dalam mencegah penularan seperti yang kami perkirakan, semakin cepat kita vaksinasi populasi, kita akan mencapai kekebalan kawanan. Hal itu akan mempercepat pembukaan kembali perjalanan internasional," katanya.

Hari Kamis (4/02), Profesor Murphy mengumumkan Australia berencana seluruh warganya telah divaksinasi hingga bulan Oktober mendatang.

Ia juga menjelaskan vaksinasi di Australia dengan menggunakan vaksin buatan Pfizer akan dilakukan akhir Februari, sementara AstaZenica di bulan Maret, kemudian vaksin Novavax.

Australia bisa membuka perbatasan internasionalnya lebih awal, apabila jika program vaksinasi COVID-19 terbukti efektif dalam mencegah penularan

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close