Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Cs Bakal Terlihat Berwibawa Jika Menolak Pinjaman IMF

Sabtu, 28 Maret 2020 – 22:21 WIB
Jokowi Cs Bakal Terlihat Berwibawa Jika Menolak Pinjaman IMF - JPNN.COM
Anggota DPR dari Fraksi Gerindra, Kamrussamad. Foto : Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR Kamrussamad meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani (Menkeu SMI) tidak mengambil tawaran International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB) yang menyiapkan dana untuk negara-negara anggotanya yang menghadapi Covid-19.

Legislator Partai Gerindra itu menyatakan bahwa sebaiknya Menkeu SMI memprioritaskan sumber pendanaan dalam negeri, seperti Saldo Anggaran Lebih (SAL) yang merupakan akumulasi Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan (SILPA) tahun lalu.

Selain itu, Kamrussamad juga menyatakan sebaiknya Menkeu SMI mengoptimalkan implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 entang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Mengambil pinjaman terhadap lembaga keuangan dunia seperti IMF dan WB akan semakin membuat masa depan ekonomi Indonesia suram, karena utang per Januari 2020 (sudah) Rp 4.817 triliun," kata Kamrussamad dihubungi JPNN.com, Jumat (27/3).

Legislator Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta III itu menegaskan bahwa ini saat yang tepat Menkeu SMI menunjukkan jiwa nasionalisme.

Ia pun menegaskan bahwa pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi akan lebih berwibawa bila menolak pinjaman dua lembaga tersebut.

"Pemerintah Jokowi akan jauh lebih kuat dan berwibawa jika menolak pinjamam IMF dan WB itu," ungkap jebolan S2 Bisnis Internasional Universitas Indonesia itu.

Dia menegaskan pemerintah bisa menempuh berbagai opsi untuk pendanaan penanganan Covid-19 di Indonesia, ketimbang tergiur tawaran IMF dan WB.

Anggota Komisi XI DPR Kamrussamad meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani (Menkeu SMI) tidak mengambil tawaran International Monetary Fund (IMF)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close