Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi dan Ganjar Dongkrak PDIP Selama Pandemi, Tetapi Masih Kalah dari PSI

Rabu, 13 Mei 2020 – 19:34 WIB
Jokowi dan Ganjar Dongkrak PDIP Selama Pandemi, Tetapi Masih Kalah dari PSI - JPNN.COM
Presiden Jokowi meninjau penyerahan bantuan sosial tunai. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Indomedia Poll menyebutkan aktivitas Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan PDI Perjuangan selama masa pandemi COVID-19 paling terekam di tengah publik.

Direktur Media dan Riset Indomedia Poll, Hamzah Fansuri mengatakan, pihaknya melakukan penelitian terhadap aktivitas partai politik selama kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Selama masa PSBB dan pandemi ini, seluruh partai politik berlomba melakukan aksi sosial, mencari perhatian publik, termasuk melalui media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.

"Dari hasil dan temuan Indomedia Poll, seluruh partai berupaya mendapat perhatian publik dengan menunjukkan aktivitas mereka di media sosial, tetapi tentu tidak semua terekam baik dalam memori publik yang diwakili responden," kata Hamzah.

Namun, dia mengakui, tidak semua partai politik mendokumentasikan komitmen sosial mereka di media sosial.

Belum semua partai politik mampu secara maksimal dan kreatif dalam pengelolaan konten di media sosial terutama mendokumentasi aktivitas mereka dalam menghadapi bencana corona.

"Dari hasil wawancara, responden menyebutkan (top of mind) partai yang konten aktivitasnya paling sering muncul di masa pandemi adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), disusul PDI Perjuangan, lalu disusul pula oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS)," ujar Hamzah.

Responden yang memilih PSI, kata Hamzah, melihat partai yang dipimpin Grace Natalie itu melakukan banyak gerakan di daerah, sehingga barisan anak muda itu dianggap responden berani mengambil risiko terjun ke masyarakat pada masa pandemi COVID-19.

Responden menjawab PDIP karena melihat aktivitas Jokowi masih identik dengan partai itu, tetapi juaranya ialah PSI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close