Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi dan PM Australia Sepakati Lima Poin Penting

Sabtu, 01 September 2018 – 06:17 WIB
Jokowi dan PM Australia Sepakati Lima Poin Penting - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan resmi Perdana Menteri Australia the Hon.Mr.Scott Morrison MP di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/8)siang. Foto: FB Setkab RI

jpnn.com, BOGOR - Lima kesepakatan dihasilkan dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Australia yang baru, Scott Morrison saat kunjungan ke Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (31/8).

Di awal pernyataan persnya usai pertemuan itu, Jokowi -sapaan Joko Widodo sempat mengungkap pembicaraannya via telepon sehari setelah Morrison dilantik untuk mengucapkan selamat.

Hari ini, kata Kepala Negara, Indonesia mendapat kehormatan sebagai negara yang pertama dikunjungi Morrison setelah dilantik.

"Ini bisa dimaknai sebagai komitmen kuat pemerintah baru Australia untuk terus membangun sebuah hubungan yang kuat yang saling menghormati dan saling menguntungkan," kata Jokowi.

Pun dalam pertemuan dengan Morrison, suami Iriana itu menegaskan komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan hubungan bilateral dengan Australia yang merupakan salah satu mitra penting di kawasan.

Terkait hasil pertemuan dengan PM Morrison, kata Jokowi, mereka menyambut baik peningkatan hubungan dari comprehensive partnership menjadi comprehensive strategic partnership.

Berikutnya, kedua pemimpin menegaskan pentingnya keterbukaan ekonomi dan upaya memperkokoh hubungan ekonomi yang saling menguntungkan.

"Dalam kaitan ini kami menyambut baik selesainya perundingan substantiv Indonesia Australia Comprehensive Partnership," jelasnya.

Indonesia dan Australia berkomitmen yang tinggi untuk terus berkolaborasi dalam penanganan isu kawasan dan dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close