Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Lepas Kontingen Garuda ke Kongo dan Lebanon

Jumat, 31 Agustus 2018 – 15:59 WIB
Jokowi Lepas Kontingen Garuda ke Kongo dan Lebanon - JPNN.COM
Presiden Jokowi bersama Kontingen Garuda yang akan menjaga perdamaian di Kongo dan Lebanon, Jumat (31/8). Foto: Biro Pers Setpres 

jpnn.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo melepas personel TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda penjaga perdamaian ke Kongo dan Lebanon.

Mereka dilepas dalam upacara pengangkatan Satgas Rapidly Deployable Battalion (RDB) Kotingen Garuda XXXIX-A/Monusco Kongo dan Marine Task Force (MTF) XXVI-K Unifil Lebanon, di Pusat Misi Pemeliharahaan Perdamaian TNI, Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (31/8).

Dalam arahannya, presiden yang beken disapa Jokowi itu mengatakan Indonesia berbangga bukan hanya karena prestasi atletnya di Asian Games, bukan hanya karena 30 medali emas berhasil merek raih.

"Tapi Indonesia juga bangga akan melepas Kontingen Garuda untuk misi perdamaian, bangga untuk misi perdamaian di Republik Demokratik Kongo dan Lebanon," ungkap Presiden.

Hal itu menjadi bukti bahwa Indonesia turut menjaga perdamaian dan ketertiban dunia sebagaimana amanat konstitusi, sekaligus wujud kontribusi negara ini untuk dunia yang sekaligus guna mengharumkan nama baik bangsa dan negara.

Suami Iriana menyebutkan, Indonesia yang baru saja merayakan 73 tahun kemerdekaan punya sejarah panjang dalam perdamaian dunia. Kontingen Garuda telah berada di Sinai sejak 1957.

"Sejak 1957 Indonesia telah mengirimkan lebih 38 ribu pasukan perdamaian PBB. Saat ini Indonesia masuk dalam jajaran 10 besar negara pengirim pasukan perdamaian PBB," sebutnya.

Dengan keberangkatan hari ini maka pasukan Indonesia yang bertugas menjaga perdamaian dunia berjumlah 3.552 personel, atau mencapai 88,3 persen dari target 4000 personel yang dicanangkan.

Indonesia turut menjaga perdamaian dan ketertiban dunia seperti yang dilakukan Kontingen Garuda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close