Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi: Pisahkan Politik dan Agama

Jumat, 24 Maret 2017 – 23:20 WIB
Jokowi: Pisahkan Politik dan Agama - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo di Tapanuli Tengah. Foto: Setpres

jpnn.com, TAPANULI TENGAH - Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan keberagaman suku dan budaya yang dimiliki Indonesia sebagai aset negara yang harus dilestarikan.

Ini disampaikannya di Tugu Titik Nol Pusat Peradaban Islam Nusantara yang ada di Kelurahan Pasar Baru Gerigis, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Jumat (24/3).

"Saya hanya ingin titip, mumpung di Sumatera Utara, ingatkan semua bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan agama, ras, suku saja ada 714 suku. Negara lain paling satu hingga tiga suku," ujar Presiden Joko Widodo.

Oleh karenanya, presiden meminta seluruh masyarakat selalu menjaga kerukunan.

Jangan sampai antar suku, antar agama ada pertikaian. Meskipun diakuinya kadang-kadang terjadi gesekan saat pemilihan kepala daerah.

"Inilah yang harus kita hindarkan. Jangan sampai dicampuradukkan antar politik dan agama. Dipisah betul, sehingga rakyat tahu mana yang agama, mana politik," tegas presiden.

Pada kesempatan itu presiden bercerita bahwa dirinya pernah mendengar jika mumi-mumi yang diawetkan di Mesir menggunakan kapur barus yang berasal dari Barus, Tapanuli Tengah.

"Dan tadi pagi, saya ditunjukkan makam Mahligai yang di situ banyak dimakamkan syekh dari Timur Tengah. Itu menandakan peradaban perdagangan, syiar agama sudah dimulai sejak beratus-ratus tahun yg lalu," ungkapnya.

Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan keberagaman suku dan budaya yang dimiliki Indonesia sebagai aset negara yang harus dilestarikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close