Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Jokowi: Saya Mengerti, Semua Pasti Rindu..

Jumat, 16 April 2021 – 19:20 WIB
Jokowi: Saya Mengerti, Semua Pasti Rindu.. - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pihaknya telah melarang masyarakat mudik selama Ramadan dan Hari Raya Idulfitri.

Di sisi lain, pria yang akrab disapa Jokowi itu menyampaikan selamat kepada semua umat muslim Indonesia untuk menjalani ibadah puasa.

"Ramadan tahun ini adalah Ramadan kedua di tengah Covid-19 dan kita masih harus tetap mencegah penyebaraan wabah Covid-19 untuk tidak lebih luas lagi. Untuk itu sejak jauh-jauh hari pemerintah telah memutuskan untuk melarang mudik Lebaran tahun ini," kata Jokowi melalui akun Sekretariat Presiden di YouTube, Jumat (16/4).

Menurut Jokowi, keputusan itu diambil melalui berbagai macam pertimbangan.

Jokowi menilai pada tahun lalu terjadi kecenderungan kenaikan kasus setelah empat kali libur panjang.

Pertama, lanjut Jokowi, saat libur Idulfitri tahun lalu terjadi kenaikan kasus harian hingga 93 persen dan tingkat kematian mingguan 66 persen.

Kedua, libur panjang 20-23 Agustus 2020, terjadi kenaikan kasus sampai 119 persen dan tingkat kematian mingguan meningkat hingga 57 persen.

Ketiga, libur panjang 28 Oktober-1 November 2020, terjadi kenaikan kasus sampai 95 persen dan kenaikan tingkat kematian mingguan sampai 75 persen.