Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Jokowi Sebut Chloroquine dan Avigan Obat Corona, Sudah Pesan Jutaan Butir

Jumat, 20 Maret 2020 – 17:06 WIB
Jokowi Sebut Chloroquine dan Avigan Obat Corona, Sudah Pesan Jutaan Butir - JPNN.COM
Presiden Jokowi sudah pesan jutaan butir Chloroquine dan Avigan yang disebut sebagai obat untuk melawan virus corona, COVID-19. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan obat yang dinilai bisa melawan virus Corona jenis baru, COVID-19.

Menurut pria yang akrab disapa Jokowi ini, obat itu bernama Chloroquine dan Avigan.

"Mengenai antivirus sampai sekarang belum ditemukan? Yang saya sampaikan tadi adalah obat. Obat ini sudah dicoba oleh satu, dua, tiga negara dan memberikan kesembuhan," kata Jokowi dalam konferensi pers melalui telekonferensi, Jumat (20/3).

Untuk obat Avigan, Jokowi mengatakan Indonesia telah mendatangkan lima ribu butir. Namun, masih ada 2 juta butir obat yang dalam proses pemesanan.

"Kemudian yg kedua Chloroquine, ini kami telah siap tiga juta. Kecepatan ini yang ingin saya sampaikan. Kami tidak diam, tetapi mencari hal-hal informasi apa yang bisa agar menyelesaikan Covid-19," jelas dia.

Jokowi mengingatkan bahwa penerima obat itu harus sesuai dengan resep dokter. Selain itu, akan ada pemeriksaan acak tes cepat (rapid test) di daerah-daerah yang dianggap rawan penyebaran virus Corona.

"Obat tersebut akan sampai kepada pasien yang membutuhkan melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, melalui rumah sakit dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi. Saya sudah minta kepada BUMN farmasi yang memproduksi ini untuk memperbanyak produksinya," jelas Jokowi. (tan/jpnn)