Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jurus KPK & Kemendikbud Gembleng Karakter Siswa saat Libur Lebaran dengan Tontonan

Minggu, 17 Mei 2020 – 21:37 WIB
Jurus KPK & Kemendikbud Gembleng Karakter Siswa saat Libur Lebaran dengan Tontonan - JPNN.COM
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah menyiapkan program bagi para siswa dalam menjalani libur Lebaran.

Kementerian pimpinan Nadiem Makarim itu bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) guna menguatkan pendidikan karakter melalui film.

Dalam rangka program Belajar dari Rumah, akan ada film-film buatan KPK yang ditayangkan TVRI setiap Senin-Jumat selama periode 18-29 Mei 2020. Menurut Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono, tayangan itu akan menghibur sekaligus mengedukasi anak-anak sekolah selama libur Idulfitri.

“KPK dan Kemendikbud menginginkan selama masa liburan, apalagi masa pandemi, anak-anak tetap mendapat tayangan yang menghibur sekaligus mendidik," kata Giri Suprapdiono, Minggu (17/5).

Giri menambahkan, belajar antikorupsi bisa dilakukan dengan senang dan gembira, sambil menonton film dan bermain. Menurut dia, dekatnya anak-anak dengan keluarga saat pandemi ini bisa mengajarkan banyak hal tentang nilai-nilai antikorupsi seperti kepedulian, disiplin, tanggung jawab dan hidup sederhana.

Selain serial Sahabat Pemberani buatan KPK yang sudah tayang di program Belajar dari Rumah sejak 18 April 2020, lembaga antirasuah itu juga akan menghadirkan tontonan boneka tangan Si Kumbi untuk anak-anak usia tiga sampai enam tahun. Si Kumbi bisa disaksikan setiap Senin-Jumat pukul 08.30-09.00 WIB.

Si Kumbi merupakan film animasi yang menampilkan seekor kumbang sebagai pemeran utamanya. Kumbi dan kawan-kawannya akan mengajak anak-anak Indonesia untuk berpikir, berkata, dan berlaku jujur sejak usia dini.

Selain itu, KPK juga akan menghadirkan film-film pendek finalis Anti-Corruption Film Festival untuk remaja dan semua umur setiap Senin-Jumat pukul 09.00-09.30 WIB. Tujuan pemutaran film-film pendek itu adalah meningkatkan pemahaman masyarakat dan menanamkan perilaku antikorupsi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan KPK telah menyiapkan program bagi para siswa dalam menjalani libur Lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close