Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jurus Sandiaga Tingkatkan Daya Saing Pelaku Parekraf di Yogyakarta

Kamis, 20 Mei 2021 – 22:17 WIB
Jurus Sandiaga Tingkatkan Daya Saing Pelaku Parekraf di Yogyakarta - JPNN.COM
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Foto: dokumen Kemenparekraf

jpnn.com, SLEMAN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, ada tiga hal yang mereka lakukan untuk membuat pelaku usaha di DIY bertahan saat pandemi Covid-19.

Kemenparekraf awalnya akan memberikan pelatihan keterampilan terhadap para pelaku Parekraf. Pelatihan keterampilan itu ditujukkan agar dalam proses promosi ada inovasi baru yang dilakukan oleh pelaku Parekraf di tengah pandemi Covid-19.

“Pertama adalah peningkatan keterampilan, apa yang kami dengar dari para pelaku Parekraf, kami harus memastikan bahwa Kemenparekraf memberikan keterampilan yang diperlukan untuk era baru,” ujar Sandiaga di Sleman, DIY, Kamis (20/5).

Kedua, Sandiaga menyiapkan program yang berkeadilan. Menurut dia, selama ini dunia pariwisata dan ekonomi kreatif tidak dapat menarik perhatian masyarakat karena dampak kesulitan keuangan yang dialami para pelaku Parekraf.

“Kedua adalah program yang berkeadilan. Bagaimana sekarang pariwisata dan ekonomi kreatif itu tidak eksklusif tapi justru hadir untuk masyarakat yang selama ini tertekan oleh pandemi Covid-19,” ujarnya.

Untuk itu, program berkeadilan ini juga akan menyasar pelaku Parekraf pemula agar dapat berkembang secara maksimal sehingg dilirik oleh masyarakat.

“Jadi kami membuka peluang juga bagi para pelaku ekonomi pemula,” tuturnya.

Terakhir, Sandiaga menegaskan Kemenparekraf siap mensupport penuh pelaku Parekraf dengan memberikan bantuan berupa dana hibah.

Sandiaga Uno mengatakan bahwa ada tiga hal yang dilakukan guna meningkatkan daya saing pelaku parekraf di Yogyakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close