Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabar Gembira, Jemaah Haji dan Umrah Bisa Bayar Pakai QRIS saat Belanja di Mekah

Senin, 19 Agustus 2024 – 19:00 WIB
Kabar Gembira, Jemaah Haji dan Umrah Bisa Bayar Pakai QRIS saat Belanja di Mekah - JPNN.COM
Salah satu masyarakat beli roti membayar pakai QRIS. Foto: Cuci Hati/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperluas jangkauan pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di seluruh negara.

"Pemakaian QRIS di luar negeri sudah bisa dilakukan. Jadi, selain nasional, BI bekerjasama negara lain menggunakan QRIS. Istilahnya, cross border payment," ungkap Kepala BI Sumatra Selatan (Sumsel) Ricky P Ghozali, Senin (19/8).

Kata Ricky, pembayaran metode QRIS sudah aktif di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia dan Singapura.

Selanjutnya, Bank Indonesia akan bekerjasama dengan Pemerintah Uni Emirat agar pemakaian cashless QRIS bisa diterapkan di sana dan mempermudah digitalisasi keuangan jemaah haji dan umrah menggunakan sistem non tunai.

"Jadi, nanti jemaah tidak perlu membawa uang cash, cukup bayar pakai QRIS, " kata Ricky.

Secara nasional lanjut Ricky, berdasarkan catatan Bank Indonesia, penggunaan QRIS terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan ekonomi wilayah serta adanya kesadaran dan kebutuhan dari masyarakat bahwa pembayaran non tunai sangat efektif dan efisien.

"Secara umum transaksi QRIS naik signifikan, baik dari jumlah dan merchant. Untuk wilayah Sumatera Selatan meraih peringkat kedua pemakaian QRIS terbanyak," tutup Ricky. (mcr35/jpnn)

Jemaah haji dan umrah bisa pakai QRIS saat belanja di Mekah, tahun depan sudah bisa terealisasi.

Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA