Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kamboja Lockdown Gegara Corona, Warganya Terancam Kelaparan

Jumat, 30 April 2021 – 16:24 WIB
Kamboja Lockdown Gegara Corona, Warganya Terancam Kelaparan - JPNN.COM
Setelah situasi yang relatif lancar pada tahun 2020, infeksi virus corona kini meningkat tajam di Kamboja. (Reuters: Cindy Liu)
Kamboja Lockdown Gegara Corona, Warganya Terancam Kelaparan
Setelah situasi yang relatif lancar pada tahun 2020, infeksi virus corona kini meningkat tajam di Kamboja. (Reuters: Cindy Liu)

Pada tahun pertama pandemi COVID-19, Kamboja adalah salah satu negara yang patut ditiru dengan jumlah infeksi terendah di dunia.

Sekarang, negara di kawasan Asia Tenggara ini tidak hanya mencoba mengendalikan wabah yang paling serius, tetapi juga menghadapi krisis simultan, setelah puluhan ribu orang diisolasi dan kehabisan makanan.

Pemerintah Kamboja telah menyatakan daerah dengan kasus virus corona terbanyak sebagai "zona merah" dan melarang orang meninggalkan rumah mereka kecuali karena alasan medis.

Artinya, masyarakat di zona ini bahkan tidak diperbolehkan keluar untuk membeli makanan dan kebutuhan pokok lainnya.

Sebagian besar zona merah berada di ibu kota Phnom Penh dan kota terdekat Takhmao.

Banyak dari mereka yang melanggar aturan kemudian dipukuli dengan tongkat rotan atau ditangkap - tindakan yang disebut oleh polisi dilakukan "untuk menyelamatkan nyawa".

Persediaan makanan menipis

Pemerintah telah mendistribusikan paket bantuan berupa beras, kecap, kecap ikan, ikan kaleng dan air minum dalam kemasan, namun banyak yang tidak kebagian.

Naly Pilorge dari Liga Kamboja untuk Promosi dan Pertahanan Hak Asasi Manusia (LICADHO) mengatakan kepada ABC bahwa orang-orang ketakutan dan kelaparan.

Kamboja berhasil mengekang virus corona selama setahun terakhir, tapi kini saat infeksi melonjak, penduduk yang di-lockdown terancam kelaparan karena mereka dilarang keluar rumah sementara paket bantuan pemerintah kerap terlambat dan tidak merata

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close