Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapan Anak Boleh Mulai Minum Susu UHT?

Jumat, 10 April 2020 – 22:17 WIB
Kapan Anak Boleh Mulai Minum Susu UHT? - JPNN.COM
Ilustrasi susu. Foto: Y. Photo Studio/Shuttterstock

jpnn.com - Pertanyaan ‘kapan anak boleh minum susu UHT’ sering kali ditanyakan para orang tua yang memiliki bayi atau batita. Selain praktis dan rasanya enak, susu UHT atau Ultra High Treatment memang menyajikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan susu UHT antara lain adalah kalsium dan protein, yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan anak. Seperti Anda tahu, kalsium sangat penting untuk menunjang pertumbuhan gigi dan tulang.

Sementara protein, selain untuk pertumbuhan, juga berperan dalam proses penyembuhan, penggantian jaringan dan sel tubuh yang mati atau rusak, melawan penyakit, serta memperkuat daya tahan tubuh.

Selain kaya nutrisi, susu ini juga steril berkat dipanaskan 2-4 detik dengan suhu yang sangat tinggi, sekitar 137? Celsius. Proses singkat dalam suhu yang tinggi ini juga lebih efektif membunuh kuman dibandingkan pasteurisasi.

Proses tersebut sekaligus membuat susu dapat disimpan lebih lama dalam suhu ruangan asalkan kemasannya masih tertutup rapat.

Namun demikian, pemberian susu dalam kemasan ini tidak boleh diberikan secara sembarangan pada anak-anak. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan orang tua.

Salah satunya terkait usia. Jadi, kapan anak boleh minum susu UHT?

Usia Anak untuk Minum Susu UHT

Usia anak minum susu UHT yang disarankan adalah di atas satu tahun. Mengapa demikian? Bayi dilahirkan dengan kondisi fungsi saluran cerna dan ginjal yang belum sempurna.

Pemberian susu dalam kemasan, termasuk UHT tidak boleh diberikan secara sembarangan pada anak-anak. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan orang tua.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close