Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapan Virus Corona Minggat dari Indonesia? Simak Hasil Uji Simulasi

Jumat, 24 April 2020 – 04:34 WIB
Kapan Virus Corona Minggat dari Indonesia? Simak Hasil Uji Simulasi - JPNN.COM
Ilustrasi petugas medis Corona. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Kajian Visi Teliti Saksama (Visi) memprediksi pandemi virus corona COVID-19 di Indonesia akan mereda pada Juni 2020.

Prediksi berdasar hasil melalui uji simulasi dengan model sistem dinamik yang menunjukkan perjalanan pandemi Corona.

Peneliti Visi, Widyar Rahman melalui pernyataan tertulis di Jakarta, Kamis (23/4), menyampaikan jumlah kasus meninggal akibat COVID-19 dan sembuh di Indonesia akan mencapai keadaan konstan pada hari ke-100 semenjak kasus positif pertama terkonfirmasi, yakni pada 8 Juni 2020.

"Dari pengujian yang dilakukan Visi pada 31 hari sejak kasus positif pertama COVID-19 di Indonesia, ditemukan reproductive number sebesar 19. Hal ini bermakna setiap satu orang terinfeksi dapat menularkan kepada 19 orang lainnya," terangnya.

Berdasarkan nilai reproductive number dapat diprediksi kontrol sebaran pandemi, di mana perkembangan jumlah kasus baru COVID-19 akibat penularan dari orang terinfeksi di Indonesia akan berlangsung selama sekitar 50 hari.

Lantaran masa penularan yang berlangsung selama 50 hari, pada hari ke-100 angka kematian dan sembuh mencapai keadaaan konstan.

Uji sistem dinamik dilakukan Tim Riset Visi melalui proses validasi model pemantauan data historikal yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia periode 2 Maret 2020 hingga 2 April 2020 sebagai data referensi harian, yang mencakup jumlah kasus kumulatif, jumlah pasien sembuh, dan meninggal.

Menurut Widyar, pada dasarnya peninjauan aspek kesehatan COVID-19 dengan pemodelan pandemi yang dilakukan Visi mengikuti pola harian yang terjadi sejak kasus pertama muncul, sehingga program self isolation, social distancing, penggunaan masker, cuci tangan menggunakan sabun, dan penggunaan hand sanitizer yang sedang digalakkan pemerintah telah masuk dalam model ini.

Pusat Kajian Visi melakukan uji simulasi untuk memprediksi kapan kiranya virus corona COVID-19 di Indonesia sirna atau mereda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close