Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mandi Air Hangat?

Kamis, 25 Juli 2019 – 18:21 WIB
Kapan Waktu yang Tepat untuk Mandi Air Hangat? - JPNN.COM
Mandi. Foto/ilustrasi: Walter Zerla/Corbis

jpnn.com - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sangat dibutuhkan siapa pun. Untuk bisa mendapatkan tidur berkualitas, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mandi air hangat. Nah, ketika cukup istirahat di malam hari Anda akan bisa melakukan beragam aktivitas secara optimal keesokan harinya.

Fakta menyebutkan bahwa mandi air hangat di malam hari bisa menghasilkan perasaan relaks dan membuat suhu tubuh lebih rendah. Seperti dikatakan oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, mandi air hangat terbukti mampu menurunkan ketegangan otot setelah seharian beraktivitas.

"Mandi air hangat dapat membantu melemaskan otot dan membuat Anda merasa lebih relaks. Alhasil, tidur bisa lebih nyenyak dan berkualitas," ujarnya.

Namun, manfaat tersebut baru bisa benar-benar dirasakan jika Anda mandi air hangat di waktu yang tepat. Lantas, kapan waktu yang dimaksud? Tim peneliti yang dipimpin oleh peneliti doktoral Departemen Teknik Biomedis di University of Texas, Dr. Shahab Haghayegh tergerak untuk menyelidiki hal tersebut.

Waktu yang tepat mandi air hangat

Haghayegh dan rekan-rekan yang tergabung dalam tim melakukan penelitian dengan meninjau 5322 studi dari bank data PubMed, CINAHL, Cochran, Medline, PsycInfo, dan Web of Science.

Para peneliti yang tergabung dalam tim mencoba menganalisis efek air hangat pada tubuh terkait indikator kualitas tidur, yang meliputi latensi onset tidur, bangun setelah tidur, total waktu tidur, efisiensi tidur, tidur gelombang lambat, dan kualitas tidur subjektif.

Latensi onset tidur atau sleep onset latency (SOL) menjadi perhatian utama dalam penelitian ini. SOL itu sendiri adalah berapa lama waktu yang diperlukan untuk masuk ke fase dari kondisi yang sebelumnya terjaga.

Dari penelitian tersebut, tim yang tergabung mengungkap bahwa mandi air hangat bisa mengoptimalkan sirkulasi darah dan menyeimbangkan suhu dari inti tubuh ke bagian lainnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close