Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapolri Pastikan Tangkap Pemesan dan Pengurus Saracen

Selasa, 05 September 2017 – 14:37 WIB
Kapolri Pastikan Tangkap Pemesan dan Pengurus Saracen - JPNN.COM
Produsen hoaks yang tergabung dalam sindikat Saracen (berpakaian seragam tahanan warna oranye) di Mabes Polri, Rabu (23/8). Foto: Ilham Wancoko/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan jajarannya untuk menangkap siapa saja pemesan, pengurus, dan pihak yang berkaitan dengan sindikat penyebar kebencian dan hoaks Saracen.

“Pasti akan kami kembangkan. Saya sudah instruksikan, perintah Kapolri akan dikembangkan," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/9).

Dia menilai, pengungkapan kasus ini hingga akarnya bisa menjadi pelajaran terhadap masyarakat agar cerdas menggunakan media sosial. Kemudian, setiap masyarakat tidak lagi mengambil keuntungan dengan menyebarkan berita hoaks lewat media sosial.

"Tidak boleh adanya pembuatan hoaks, konten-konten yang negatif, provokatif, yang melanggar ITE. Itu akan membuat perpecahan di masyarakat, membuat isu negatif," tegas Tito.

Oleh karena itu, lanjut Tito, dirinya memberikan atensi khusus terhadap pengungkapan kasus Saracen.

“Kami kembangkan terus siapa saja yang terlibat. Saya sampaikan tangkap-tangkapin saja yang pesan dan mendanai," kata Tito.

Selain itu, Tito juga memerintahkan jajaran Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim untuk menangkap pelaku atau kelompok penyebaran hoaks dan ujaran kebencian di media sosial.

"Memang ini gak gampang. Karena mereka mainnya di cyber space. Maka kami melacaknya juga di cyber space, bukannya di lapangan," jelas Tito.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close