Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapuspen Kemendagri Bahtiar Dorong Setiap Pemda Punya Jubir

Sabtu, 12 Oktober 2019 – 15:31 WIB
Kapuspen Kemendagri Bahtiar Dorong Setiap Pemda Punya Jubir - JPNN.COM
Kapuspen Kemendagri yang juga Plt Dirjen Polpum, Bahtiar. Foto: Humas Kemendagri for JPNN.com

jpnn.com, DENPASAR - Kapuspen Kemendagri yang juga Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Bahtiar mendorong pejabat kehumasan provinsi di seluruh Indonesia untuk memperkuat organisasi dan tata kelola kehumasan.

Bahtiar mengatakan hal tersebut saat membuka Rakornas Pejabat Kehumasan Provinsi Seluruh Indonesia di Hotel Fashion Legian, Denpasar, Bali, Sabtu (12/10).

“Organisasi yang diperkuat menjadi kunci untuk humas yang peka terhadap lingkungan. Bukan hanya itu, teknologi, SDM dan tata kelolanya juga harus diperkuat untuk bisa menjawab tantanggan,” kata Bahtiar.

Dijelaskan Bahtiar, di dunia yang serba dinamis ini, diperlukan kesiapan organisasi Humas yang mapan untuk dapat menjawab tantangan zaman yang penuh kejutan dan memasuki era lompatan informasi ini yang juga menjadi bagian dari ancaman negara.

“Jadikan Forum ini sebagai sarana untuk mengkonsolidasikan organisaasi, tata kelola kelembagaan, SDM, tata laksana. Karena ini kita sudah di era lompatan informasi yang kalau salah-salah informasi atau dalam mengelolanya bisa jadi ancaman bangsa,” ujarnya.

Dengan perubahan dinamika dunia dan tantangan di era ini, ia juga meminta adanya kepaduan dalam pengelolaan informasi di pemda. Dia juga mendorong agar setiap pemda memiliki juru bicara.

“Saya mendorong tetap harus ada juru bicara di setiap pemda. Posisi jubir ini sangat strategis sehingga bukan hanya jago ngomong tapi harus mampu menganalisis keadaan. Karena seringkali pimpinan dan aparat didaerah langsung memberi informasi kepada media tanpa di filter maka seringkali kehilangan substansi, seolah berlomba-lomba pidato dan bicara sehingga tidak ada pengendalian informasi publik di daerah, untuk itu diperlukan jubir,” terangnya.

Rakornas Pejabat Kehumasan Provinsi Seluruh Indonesia diselenggarakan di Denpasar, Bali pada 11-13 Oktober 2019. Narasumber yang hadir di antaranya Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali Ni Luh Made Wiratmi, Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Pol Budi Setiawan, serta Kepala Biro Organisasi dan Tatalaksana Setjen Kemendagri Sugeng Hariyono.

Kapuspen Kemendagri yang juga Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Bahtiar mendorong agar setiap pemda memiliki juru bicara alias jubir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close