Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keamanan Siber Sebut Ada Virus Berbahaya di HP Android, Waspadalah!

Senin, 31 Januari 2022 – 09:14 WIB
Keamanan Siber Sebut Ada Virus Berbahaya di HP Android, Waspadalah! - JPNN.COM
Ilustrasi aplikasi Android. Foto: ridha

jpnn.com - Salah satu perusahaan keamanan siber Cleafy melaporkan adanya malware atau virus berbahaya bernama Brata yang akan menyasar pengguna Android.

Keamanan itu menyebutkan malware itu mulai menyebar di sejumlah negara seperti seperti China, Inggris, Spanyol, dan lain-lain.

Dilansir Timesofindia, Senin (31/1), malware Brata ialah trojan yang bisa mengakses perangkat jarak jauh dan dapat mencuri kredensial.

Singkatnya, ini merupakan sejenis virus yang masuk ke smartphone dan mencuri data perbankan untuk digunakan penipuan nantinya.

Virus berbahaya itu pertama kali ditemukan oleh perusahaan keamanan siber terkenal Kaspersky pada tahun 2019 lalu sebagai RAT Android atau alat akses jarak jauh yang menargetkan pengguna Brasil.

Analis Cleafy mengatakan malware telah diperbarui dengan fitur baru seperti pelacakan GPS dan kemampuan untuk melakukan reset pabrik atau kembali ke settingan menghapus semua data ponsel.

Dengan demikian, Brata bisa mencuri semua data smartphone tanpa meninggalkan jejak apa pun.

Virus itu menginfeksi smartphone lewat aplikasi yang diinstal.

Salah satu perusahaan keamanan siber Cleafy melaporkan adanya malware atau virus berbahaya bernama Brata yang akan menyasar pengguna Android.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close