Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kearifan Lokal Dusun Sungai Langer Diganjar Penghargaan dari Menteri Siti

Jumat, 04 Agustus 2017 – 20:02 WIB
Kearifan Lokal Dusun Sungai Langer Diganjar Penghargaan dari Menteri Siti - JPNN.COM
Menteri LHK Siti Nurbaya menyerahkan penghargaan Program Kampung Iklim Utama tahun 2017 di Auditorium Manggala Wanabhakti. Foto: istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dusun Sungai Langer, Desa Mengkiang di Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat berhasil menyabet penghargaan Program Kampung Iklim Utama tahun 2017 di Auditorium Manggala Wanabhakti.

Penghargaan yang diprakarsai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini diberikan kepada masyarakat di lokasi tertentu yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

Masyarakat di Dusun Sungai Langer dianggap telah berhasil melakukan transformasi dalam praktik bertani sehingga lebih bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan.

Sebelumnya, selama turun temurun masyarakat menggunakan metode berpindah ladang dengan cara membakar lahan.

Anggota Badan Perusyawaratan Desa (BPD) Desa Mengkiang, sekaligus Ketua Kelompok Tani Tunas Jaya, Daniel atas nama dusun Sungai Langer menerima penghargaan tersebut dari Menteri LHK Siti Nurbaya.

Daniel selama ini dikenal sebagai motor penggerak dalam melakukan transformasi praktik bertani di lingkungan dusunnya.

“Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk mengajak para warga, apalagi kebiasaan berpindah ladang sudah dilakukan sejak lama. Mereka perlu contoh keberhasilan, baru mau bergerak,” terang Daniel dalam keterangan persnya, Jumat (4/8).

Daniel juga merupakan petani binaan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang digagas oleh Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melalui perusahaan pemasok bahan bakunya di Kalimantan Barat, PT Finnantara Intiga.

Dusun Sungai Langer, Desa Mengkiang di Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat berhasil menyabet penghargaan Program Kampung Iklim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close