Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kebagian Jatah Menteri, PPP Tetap Kritis

Kamis, 24 Oktober 2019 – 18:06 WIB
Kebagian Jatah Menteri, PPP Tetap Kritis - JPNN.COM
Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Persatuan Pembangunan, Achmad Baidowi. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Akhmad Baidowi mengatakan pihaknya akan tetap kritis meskipun Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa sudah menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Suharso diangkat Presiden Jokowi menjadi menteri perencanaan pembangunan nasional / kepala badan perencanaan pembangunan nasional, di Istana Kepresidenan, Rabu (23/10). “Oh ya tetap (kritis), karena DPR menjalankan fungsi pengawasan,” kata Baidowi kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (24/10).

Menurut Baidowi, pengawasan merupakan salah satu fungsi yang melekat di DPR, selain legislasi dan anggaran. Ia menambahkan DPR harus menjalankan fungsi pengawasan terhadap mitra kerjanya. “Siapa pun mitra kerjanya tetep akan kami kritisi apabila program-programnya tidak sesuai konstitusi, tidak sesuai undang-undang, tidak pro rakyat, tidak pro umat,” papar Baidowi.

Mantan wartawan yang karib disapa Awiek ini mencontohkan, ketika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi pada periode lalu membuat sebuah kebijakan menerapkan full day school yang mendapat penolakan dari masyarakat khususnya praktisi pendidikan keagamaan.

Saat itu, kata Baidowi, DPR menyampaikan bahwa program mendikbud tersebut bagus, tetapi tidak tepat kalau diterpakan ke semuanya, dan harus ada pemilihan yakni sekolah yang benar-benar siap. Kalau sekolah yang belum siap jangan dipaksakan. “Kami sampaikan secara santun, secara beradab, dan diterima. Model-model seperti itu yang kami lakukan,” ungkapnya.

Lebih jauh Awiek mengatakan kader PPP juga tidak akan sungkan mengkritisi ketumnya yang menjadi menteri. “Oh tidak (sungkan). Itu kan sudah biasa,” tegasnya.

Awiek mencontohkan, saat saat Lukman Hakim Saifuddin yang juga ketua Majelis Pakar PPP menjabat menteri agama, kader partai berlambang Kakbah itu juga banyak memberikan kritikan dan masukan.

“Misalnya, kemarin saya sempat di Komisi VIII DPR mengkritisi banyak pelaksana tugas di kementerian agama yang belum dilantik. Ya kami kritisi, karena kalau plt kan tidak bisa kerja maksimal,” jelasnya.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Akhmad Baidowi mengatakan pihaknya akan tetap kritis meskipun Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa sudah menjadi menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close