Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kehadiran KAMI, Fadli Zon : Presiden Seperti Bekerja Sendirian

Selasa, 04 Agustus 2020 – 15:04 WIB
Kehadiran KAMI, Fadli Zon : Presiden Seperti Bekerja Sendirian - JPNN.COM
Fadli Zon. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon menyatakan kehadiran Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia atau KAMI yang digagas Din Syamsuddin dan kawan-kawan sangat relevan dengan kondisi bangsa saat ini.

Wakil ketua umum Partai Gerindra itu menegaskan sudah saatnya civil society tampil ke permukaan ketika eksekutif, legislatif, dan yudikatif kehilangan trust dari masyarakat.

"Jadi, kita makin jauh apa yang menjadi cita-cita dari proklamasi, cita-cita kemerdekaan, bahkan cita-cita pembangunan. Bahkan juga janji-janji presiden terpilih ya. Artinya makin jauh," kata Fadli saat dihubungi JPNN.com, Selasa (4/8).

Karena itu, kata Fadli, ketika makin jauh dari itu semua diperlukan adanya kekuatan civil society di luar parlemen yang melakukan pengawasan terhadap jalannya roda pemerintahan.

Apalagi, lanjut Fadli, parlemen saat ini sudah terlalu banyak didominasi oleh partai-partai yang mendukung pemerintah.

"Jadi wajar kalau ada kekuatan komponen masyarakat madani atau civil society yang mengambil peran. Menurut saya itu sangat lazim dan sangat relevan," ungkap mantan wakil ketua DPR bidang korpolkam itu.

Dia menuturkan banyak peran sentral yang bisa dilakukan KAMI ke depan. Menurutnya, KAMI bisa banyak memberikan masukan-masukan, kritik-kritik dan juga mungkin solusi terhadap berbagai macam kemandekan.

Terlebih lagi, kata dia, Presiden Joko Widodo sudah "curhat" mengaku tidak tahu apa sebab kekhawatiran masyarakat terkait pandemi Covid-19 dan dampaknya ini.

Fadli Zon melihat Jokowi seperti bekerja sendirian, sehingga kehadiran KAMI yang digagas Din Syamsuddin dan kawan-kawan sangat berarti untuk memberikan kritik, masukan, dan solusi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close