Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kekayaan Alam Negara untuk Rakyat, Kenapa Bisa Terjadi Konflik di Wadas?

Jumat, 11 Februari 2022 – 18:43 WIB
Kekayaan Alam Negara untuk Rakyat, Kenapa Bisa Terjadi Konflik di Wadas? - JPNN.COM
Warga menumbangkan pohon untuk mengadang aparat menuju Balai Desa Wadas, Jumat (23-4-2021). Foto: ANTARA/HO-Polres Purworejo

jpnn.com, JAKARTA - Konflik antara aparat dengan warga di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah terus menuai sorotan publik.

Sejumlah kalangan mengecam konflik tersebut tidak terkecuali elemen mahasiswa.

Ketua Bidang Hukum dan HAM PB HMI Yefri Febriansah menilai tindakan aparat yang mengepung Desa Wadas dengan senjata lengkap tidak bisa dibenarkan.

Menurutnya, warga Desa Wadas tidak pantas mendapatkan perlakuan seperti itu karena pada dasarnya masyarakat hanya ingin melindungi apa yang menjadi hak mereka.

“Aparat sangat berlebihan, menghadapi rakyat. Yang mereka jaga bukan hanya sekedar tanah tapi masa depan mereka dan masa depan anak cucunya. Kami minta aparat berhenti bertindak represif terhadap rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Perundang-undangan dan Advokasi Kebijakan DPP GMNI Dody Nugraha mempertanyakan pihak pemegang kepentingan di Desa Wadas sehingga sampai harus melibatkan aparat dalam jumlah besar untuk pengamanan.

“Cara-cara represif kepada rakyat seperti itu masih dipertontonkan dengan keangkuhan. Sebenarnya pembangunan ini untuk siapa? Padahal bumi, air, dan kekayaan yang terkandung di dalamnya seharusnya dan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat,” ujarnya. (flo/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

HMI dan GMNI mewakili kelompok mahasiswa mempertanyakan konflik yang terjadi di Desa Wadas.

Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close