Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keluhan Warga Jakarta: Underpass Bikin Macet

Rabu, 18 April 2018 – 23:09 WIB
Keluhan Warga Jakarta: Underpass Bikin Macet - JPNN.COM
Underpass. Foto Ilustrasi: RADAR SEMARANG

jpnn.com, JAKARTA - Pakar kebijakan transportasi dari Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) Aziz Tigor Nainggolan mengatakan, pembangunan flyover dan underpass tidak bisa mengurangi kemacetan di ibu kota. Underpass Matraman adalah buktinya.

Menurut dia, pembangunan ini tak memberikan dampak signifikan untuk mengurai kemacetan. Padahal, proyek ini digadang-gadang mampu mengurangi kemacetan dari arah Jakarta Pusat menuju Jakarta Timur.

"?Sebelumnya sudah ada jalan layang di kawasan itu. Tak lebih dari setahun setelah dibangun, persimpangan jalan di Matraman kembali macet parah,"? jelas Tigor kepada wartawan, Rabu, (18/4).

Oleh sebab itu, menurut dia, untuk mengurai kemacetan, Pemprov Jakarta harus lebih fokus pada pengendalian transportasi pribadi dan memperbaiki transportasi massal.

"Sedangkan pada saat ini, perhatian pemerintah masih tersita pada pembangunan infrastruktur," ujar dia.

Berdasarkan pengalamannya, underpass tidak mengurangi kemacetan, tetapi hanya membagi kemacetan di jalan-jalan kecil atau jalan tikus.

Sementara itu, Teguh (45) pengendara yang setiap hari melintasi Underpass Matraman juga mengeluhkan hal yang sama. Teguh menilai underpass hanya membuat kemacetan saja.

Teguh pun menyarankan agar sebaiknya Pemprov DKI dapat membenahi dampak kemacetan yang ditimbulkan dari underpass tersebut.

Underpass yang dibangun di sejumlah wilayah Jakarta dinilai tak mampu mengurai kemacetan. Malahan, infrastruktur itu menambah kemacetan

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close