Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemajuan Teknologi Dukung PLTU Ramah Lingkungan

Jumat, 08 Januari 2021 – 20:46 WIB
Kemajuan Teknologi Dukung PLTU Ramah Lingkungan - JPNN.COM
Ilustrasi PLTU. Foto: Radar Cirebon/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan bakar batu bara masih mendominasi sumber pasokan listrik nasional. Tak hanya di Indonesia, negara lain juga masih banyak memanfaatkan batu bara untuk PLTU.

Ketua Indonesia Mining and energy Forum (IMEF) Singgih Widagdo mengatakan, pemanfaatan batu bara sangat efisien di Indonesia.

"Bagi PLN saat ini, telah mempertegas bahwa batu bara dinilai sebagai bahan bakar energi bagi pembangkit yang sangat efisien," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Jumat (8/1).

Berbagai inovasi teknologi pun telah diterapkan guna menekan tingkat pencemaran dari proses produksi. Anggapan yang menyebut bahwa PLTU sebagai salah satu penyumbang emisi terbesar, dinilai banyak kalangan tidak lagi relevan.

Selain menekan emisi, penerapan teknologi juga membuat penggunaan bahan bakar lebih efektif dan efisien.

Semisal, teknologi Ultra Super Critical (USC), memampukan peningkatan efisiensi pembangkit listrik melalui proses pengaturan tekanan dan suhu uap yang masuk ke dalam turbin.

Ketika tekanan dan suhu makin tinggi, maka tingkat efisiensi juga akan semakin tinggi. Hal itu akan membuat semakin rendah karbon.

Dari segi ketersediaan, cadangan batu bara di Indonesia masih sangat besar, sekitar 37,6 miliar ton. Belum lagi sumber daya batu bara yang mencapai 149 miliar ton.

Berbagai inovasi teknologi telah diterapkan guna menekan tingkat pencemaran dari proses produksi PLTU.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close