Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemendikbud Optimistis Target Pembangunan Persepakbolaan Nasional di 2023 Bisa Tercapai

Selasa, 15 Desember 2020 – 20:50 WIB
Kemendikbud Optimistis Target Pembangunan Persepakbolaan Nasional di 2023 Bisa Tercapai - JPNN.COM
Timnas Indonesia U-19 selebrasi goldalam laga uji coba kontra Qatar di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kroasia, Kamis (17/9/2020). Laga itu dimenangkan Indonesia dengan skor 2-1. Foto: ANTARA/HO/PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Asisten Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Gatot Hendrarto menyatakan pemerintah berkomitmen mengawal percepatan pembangunan persepakbolaan nasional.

Hal itu menurutnya sesuai amanat Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

"Kami sudah punya Inpres dan peta jalan. Kemenko PMK akan terus berusaha mengawal ini sampai pada kementerian/lembaga agar dijadikan pedoman dalam percepatan pembangunan persepakbolaan nasional," ujarnya di Jakarta, Selasa (15/12).

Dia mencontohkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bertugas menyiapkan sumber daya manusia (SDM) baik pelatih maupun wasit yang berlisensi.

Pelatihan untuk mendapatkan lisensi itu diberikan kepada guru olahraga, terutama yang berminat di bidang sepakbola.

"Dengan kondisi saat ini, kami juga harus terus berkolaborasi untuk menciptakan tata kelola sepakbola yang baik demi prestasi sepakbola nasional di tingkat dunia," tutur Gatot.

Senada, Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Raden Isnanta menyebutkan, pandemi harus menjadi momentum untuk menerapkan pendidikan olahraga secara baik. Demikian pula sistem pelatihan dan pembinaan harus terus di-upgrade.

Di samping itu, perbaikan kurikulum atau pedoman pendidikan yang sifatnya hardware maupun software bisa dicicil selama era pandemi Covid-19.

Kemenko PMK dan Kemendikbud optimistis percepatan pembangunan persepakbolaan nasional bisa tercapai sesuai target.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close