Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemendikbudristek Gandeng BNET Academy, Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK

Selasa, 10 September 2024 – 20:52 WIB
Kemendikbudristek Gandeng BNET Academy, Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK - JPNN.COM
Plt. Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Tatang Muttaqin saat memberikan sambutan di acara penandatanganan kerja sama 40 SMK dengan BNET. Foto Mesya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Mitras DUDI kembali memfasilitasi SMK berkolaborasi dengan industri.

Tercatat 40 SMK di wilayah Karawang dan Purwakarta melakukan penandatanganan kerja sama (PKS) dengan BNET Academy. 

Menurut Plt. Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Tatang Muttaqin, link and match antara SMK dengan dunia usaha dan industri, salah satunya selain pemagangan ada teaching factory.

Artinya, disediakan tempat praktik langsung sehingga para siswa bisa menghayati bagaimana proses real di dunia kerja.

"Penandatanganan kerja sama antara BNET dengan para kepala SMK menunjukkan ada kolaborasi yang sangat penting di antara mereka sehingga nanti siswa SMK bisa meningkatkan praktik langsung dengan fasilitas insfrastruktur dari BNET," terang Tatang, Selasa (10/9). 

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan di Kantor Kemendikbudristek pada Senin (9/9). 

Dia menambahkan, kolaborasi dengan industri merupakan bagian dari strategi pemerintah untuk  meningkatkan kualitas lulusan dan nanti keterserapan bagi dunia kerja.

Tatang memastikan kemitraan dunia industri dan dunia usaha ini dilakukan terus-menerus tidak hanya dalam teaching factory, tetapi juga dalam kolaborasi adanya padanan antara industri yang menyediakan dan pemerintah membantu apa. Hasil akhirnya nanti para siswa bisa membuat karya-karya yang terbaik dan bisa bermanfaat luas untuk masyarakat.

Kemendikbudristek menggandeng BNET Academy untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA