Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tampil di Front Row Paris 2024, Busana Karya Siswa SMK Siap Mendunia

Minggu, 25 Agustus 2024 – 14:56 WIB
Tampil di Front Row Paris 2024, Busana Karya Siswa SMK Siap Mendunia - JPNN.COM
Busana karya SMK siap mendunia. Ini setelah 12 karya siswa SMK Jurusan Tata Busana siap meramaikan kembali ajang Front Row Paris 2024. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Busana karya SMK siap mendunia. Ini setelah 12 karya siswa SMK Jurusan Tata Busana siap meramaikan kembali ajang Front Row Paris 2024.

Selain membuktikan kompetensi siswa, keikutsertaan siswa di ajang tersebut juga tidak lepas dari praktik baik kolaborasi Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata (BBPPMPV Bispar), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Indonesian Fashion Chamber (IFC) sebagai mitra industri yang telah menjembatani karya busana siswa SMK untuk go international. 

"Keberhasilan para siswa SMK menembus panggung fesyen di Paris juga tidak lepas dari program upskilling dan reskilling berstandar industri bagi guru vokasi kompetensi keahlian bidang bisnis dan pariwisata yang selama ini diselenggarakan BBPPMPV Bispar, " kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala BBPPMPV Bispar, Nahdiana, Minggu (25/8)! 

Dia menjelaskan program tersebut telah memberikan dampak besar bagi para guru SMK, utamanya terkait penguasaan kompetensi terbaru di industri fesyen.

Keilmuan para guru inilah yang kemudian diajarkan kepada para peserta didik di sekolah mereka masing-masing agar para siswa mampu mengembangan ide-ide kreatif dan segar sehingga karya mereka layak untuk diterbang ke Paris. 

Pada Front Row Paris 2024 ini, tiga SMK dijadwalkan mengisi rangkaian yang akan digelar di salah satu jantung Kota Paris tersebut, antara lain SMKN 6 Padang, SMKN 1 Kendal, dan SMKN 8 Makassar. Ketiga sekolah tersebut juga merupakan SMK pelaksana program SMK Pusat Keunggulan di bidang tata busana.

Nahdiana, mengatakan dukungan yang diberikan BBPPMPV Bispar dalam acara Front Row Paris ini adalah dalam bentuk pendampingan serta fasilitasi kepada para desainer muda (siswa) di SMK Negeri 6 Padang, SMK Negeri 1 Kendal, dan SMK Negeri 8 Makassar. 

"Karya para siswa yang akan berangkat ke Paris ini sebelumnya juga telah dikurasi dan mendapat rekomendasi dari IFC untuk mengikuti Front Row Paris yang rencananya akan berlangsung pada 7 September mendatang," terangnya. 

Busana karya siswa SMK siap mendunia dengan membawa 12 karya terbaik di Front Row Paris 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA