Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenhub Genjot Penggunaan Angkutan Umum untuk Menekan Konsumsi BBM

Jumat, 20 Januari 2023 – 21:50 WIB
Kemenhub Genjot Penggunaan Angkutan Umum untuk Menekan Konsumsi BBM - JPNN.COM
Feeder LRT Musim Emas yang diluncurkan Kemenhub sebagai jembatan bagi segala macam transportasi umum di Palembang. Foto: Dokumentasi Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mendorong seluruh lapisan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk semakin aktif menggunakan angkutan umum.

Kehadiran angkutan umum dinilai sebagai salah satu jalan keluar untuk menyiasati kenaikan harga BBM.

Karena itu, Kemenhub terus mengupayakan kenaikan penggunaan angkutan umum secara luas.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menyebutkan saat ini konsumsi BBM didominasi oleh kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat yang mencapai 97 persen.

"Penyebabnya adalah dominasi pergerakan masyarakat yang masih dilayani oleh kendaraan pribadi, terutama di kawasan perkotaan," beber Dirjen Hendro melalui keterangan resmi, Jumat (20/1).

Karena itu, lanjut Dirjen Hendro, pemerintah mendorong penggunaan angkutan umum di wilayah perkotaan di seluruh Indonesia melalui pengembangan bus rapid transit (BRT) dengan skema buy the service (BTS).

"Adapun skema BTS ini hadir dengan tujuan memberikan stimulus pengembangan angkutan penumpang umum perkotaan, meningkatkan minat penggunaan angkutan umu serta untuk memberikan kemudahan mobilitas masyarakat di kawasan perkotaan,” bebernya.

Hingga saat ini upaya membangun angkutan umum perkotaan masih terus dilakukan Ditjen Perhubungan Darat.

Kemenhub genjot penggunaan angkutan umum secara luas untuk menekan konsumsi BBM yang selama ini didominasi kendaraan pribadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close