Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenhub Ingatkan Pengusaha Angkutan Logistik Utamakan Aspek Keselamatan

Rabu, 14 Oktober 2020 – 20:16 WIB
Kemenhub Ingatkan Pengusaha Angkutan Logistik Utamakan Aspek Keselamatan - JPNN.COM
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi di sela-sela FGD Sistem Manajemen Keselamatan LLAJ di Purwokerto, Rabu (14/10). Foto: Humas Kemenhub RI.

jpnn.com, PURWOKERTO - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mengingatkan pengusaha angkutan logistik sebagai sub sistem dalam transportasi jangan disiplin dalam menerapkan aspek keselamatan.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam Focus Group Discussion bertajuk Sistem Manajemen Keselamatan LLAJ di Purwokerto pada Rabu (14/10). Kegiatan tersebut dihadiri anggota Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) dari seluruh Tanah Air.

 

Budi meminta Aptrindo maupun Organda untuk berkomitmen mendukung pemerintah dalam mewujudkan keselamatan jalan terutama dalam penanganan ODOL (Over Dimension Overload).

"Data dari Kementerian PUPR, negara harus mengeluarkan biaya sebesar 43 triliun setiap tahunnya, untuk memperbaiki jalan yang rusak akibat banyaknya truk ODOL," kata Budi.

Menurutnya, penanganan ODOL bukanlah persoalan yang mudah, karena sejak lama semua pihak yang terlibat terjebak dalam zona nyaman, dari hulu hingga ke hilir.

"Kami sudah menargetkan pada tahun 2023, permasalahan ODOL akan kami selesaikan," tegas Budi.

Dia menjelaskan bahwa kendaraan truk ataupun angkutan barang yang over dimensi harus dinormalisasi, disesuaikan dengan keadaan semula.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengingatkan adanya sanksi pidana bagi pelanggar keselamatan bnerkendara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close