Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenkes Sebut Kelompok Komorbid Bisa Divaksin, Ini Ketentuannya...

Sabtu, 13 Februari 2021 – 13:25 WIB
Kemenkes Sebut Kelompok Komorbid Bisa Divaksin, Ini Ketentuannya... - JPNN.COM
Wakil Ketua Tim Dokter Kepresidenan dr Abdul Muthalib saat menyuntikkan vaksin Covid-19 ke lengan kiri Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/1). Vaksin akan dilakukan juga untuk pedagang dan sektor jasa. Foto: YouTube/Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan RI menyatakan, kelompok komorbid bisa divaksin Covid-19 dengan ketentuan tertentu.

Melalui surat edaran (SE) kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19, tercantum salah satunya pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok komorbid.

Surat edaran nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid dan Penyintas Covid-19, serta Sasaran Tunda itu telah ditandatangani pada Kamis (11/2) oleh Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes Dr.dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS.

“Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional telah menyampaikan kajian bahwa vaksinasi Covid-19 dapat diberikan pada kelompok usia 60 tahun keatas, komorbid, penyintas Covid-19 dan Ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan anamnesa tambahan,” kata dr. Maxi, di Jakarta, Sabtu (13/2).

Menurut dia, pemberian vaksinasi harus tetap mengikuti petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Dia merincikan, antara lain bagi kelompok lansia, pemberian vaksinasi pada kelompok usia 60 tahun ke atas diberikan 2 dosis dengan interval pemberian 28 hari (0 dan 28).

Sementara untuk kelompok Komorbid, dalam hal ini Hipertensi, dapat divaksinasi kecuali jika tekanan darahnya di atas 180/110 MmHg. Pengukuran tekanan darah sebaiknya dilakukan sebelum meja skrining.

"Bagi kelompok komorbid dengan diabetes dapat divaksinasi sepanjang belum ada komplikasi akut," jelas dr. Maxi.

Bagi kelompok komorbid penyintas kanker, lanjutnya, dapat tetap diberikan vaksin. Selain itu penyintas Covid-19 dapat divaksinasi jika sudah lebih dari 3 bulan. Begitupun ibu menyusui dapat juga diberikan vaksinasi.

Kemenkes mengatakan kelompok komorbid dapat divaksin Covi-19 dengan ketentuan tertentu. Melalui surat edaran (SE) kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Kemenkes memberikan aturan untuk vaksinasi kelo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close