Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenlu Diminta Pastikan Kesiapan Pemulangan WNI Awak Kapal Diamond Princess

Selasa, 18 Februari 2020 – 20:43 WIB
Kemenlu Diminta Pastikan Kesiapan Pemulangan WNI Awak Kapal Diamond Princess - JPNN.COM
Bamsoet kembali menyalurkan bantuan sosial kepada warga terkena musibah banjir di Kelurahan Cililitan Kecil, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/1). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah berencana mengevakuasi 78 WNI yang menjadi kru Kapal Pesiar Diamond Princess di Yokohama, Jepang. Ke-78 WNI itu telah mengikuti observasi dan karantina di dalam kapal karena wabah virus corona baru (Covid-19) sejak 4 Februari 2020.

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan kesiapan evakuasi maupun pemulangan 78 WNI tersebut. "Seperti mengirimkan tim kesehatan ke Jepang, serta terus mendampingi proses pemulangan 78 WNI tersebut ke daerah asal masing-masing, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh WNI," kata Bamsoet, Selasa (18/2).

Ia pun mendorong Kemenlu melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Jepang di Tokyo untuk terus memantau kondisi terkini 78 awak kapal WNI tersebut hingga masa karantina berakhir pada 19 Februari. "Sebisa mungkin berkoordinasi dengan 78 awak kapal tersebut terkait pemulangan, mengingat mereka masih memiliki kontrak kerja dengan pihak Kapal Pesiar Diamond Princess," ujar wakil ketua umum Partai Golkar itu.

Bamsoet mengimbau pemerintah memberikan informasi kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa 78 WNI tersebut hingga kini dalam keadaan sehat, tidak terindikasi terjangkit virus Covid-19. "Serta telah menjalani proses observasi kesehatan yang dilakukan oleh otoritas atau tim kesehatan Jepang," jelasnya. (boy/jpnn)

Bamsoet mendorong Kemenlu melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Jepang di Tokyo untuk terus memantau kondisi terkini 78 awak kapal WNI tersebut.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Corona  Bamsoet  MPR 
BERITA LAINNYA
X Close