Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenperin Dorong Manufaktur Kembangkan Sepeda Listrik Nasional

Senin, 13 Juli 2020 – 15:21 WIB
Kemenperin Dorong Manufaktur Kembangkan Sepeda Listrik Nasional - JPNN.COM
Perkenalan sepeda motor listrik buatan anak-anak NTB. Foto: antara

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian terus mendorong pengembangan sepeda listrik di Indonesia. Pasalnya, Indonesia memiliki potensi sumber daya alam berupa nikel untuk kebutuhan bahan baku baterai.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier menyampaikan, pihaknya tengah memacu penguatan rantai suplai bagi industri sepeda di dalam negeri.

“Kami akan optimalkan pabrik baterai dalam negeri untuk mengembangkan sepeda listrik. Inovasi menjadi sangat penting, termasuk desain sepeda yang sesuai dengan tipe atau kebutuhan konsumen Indonesia, karena untuk kenyamanan bersepeda itu sendiri,” ujar Taufiek dalam keterangan tertulis, Senin (13/7).

Taufiek menjelaskan, industri sepeda dalam negeri juga perlu memanfaatkan teknologi terkini sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan mampu menghasilkan produk berkualitas dengan lebih efisien.

“Bagian yang saat ini perlu didukung terutama penerapan teknologi nano untuk bahan rangka sepeda yang terbuat dari carbon karena secara material lebih ringan," tambahnya.

Menurut Taufiek, idnustri ini harus dibangun di dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan para produsen. Selain itu, rata-rata komponen lain sudah bisa dibuat di dalam negeri.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) Eko Wibowo mengaku optimistis industri sepeda nasional bisa bangkit dengan dukungan pemerintah terutama dalam upaya membenahi infrastruktur penunjangnya.

Apalagi kehadiran sepeda bukan lagi sekadar alat rekreasi, tetapi saat ini untuk kebutuhan dalam menjaga kesehatan.

Kemenperin terus mendorong pengembangan sepeda listrik di Indonesia. Pasalnya, Indonesia memiliki potensi sumber daya alam berupa nikel untuk baterai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close