Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kementan Resmikan Museum Pertanian Perdana di Indonesia

Senin, 22 April 2019 – 15:03 WIB
Kementan Resmikan Museum Pertanian Perdana di Indonesia - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal Kementan Syukur Iwantoro meresmikan Museum Pertanian Nasional Indonesia di Bogor, Senin (22/4). Foto: Fathan Sinaga/jpnn.com

jpnn.com, BOGOR - Kementerian Pertanian (Kementan) meresmikan secara perdana Museum Pertanian Nasional Indonesia di Bogor. Lokasi museum itu bertempat di belakang Museum Tanah, Jalan Juanda Nomor 98.

Sekretaris Jenderal Kementan Syukur Iwantoro mengatakan, museum ini dibangun untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang kejayaan dan sejarah pertanian Indonesia. Bukan hanya sejarah, kebijakan pemerintah dari setiap presiden pun dijelaskan di museum ini.

Salah satu contohnya adalah petani Indonesia pernah berhasil menjadi pemasok rempah terbesar seperti pala, cengkeh dan lada yang diperdagangkan melalui jalur Sutra.

"Jadi hal ini harus diketahui oleh masyarakat Indonesia, hal itu mengingatkan kita bahwa dahulu rempah berkontribusi besar bagi Indonesia karena penjualan rempah-rempah yang menjadi unggulan," kata Syukur saat meresmikan Museum Pertanian.

Selain itu, kata dia, Indonesia juga dulunya adalah eksportir gula terbesar di dunia setelah Kuba. Saat itu menjadi eksportir gula terbesar, didukung 197 unit pabrik dengan 3 juta ton puncak produksinya.

"Ini mengingatkan kita, kalau gula dikelola dengan baik mengembalikan kejayaan sebagai eksportir gula terbesar di dunia," jelas dia.

Syukur juga menjelaskan, sektor pertanian sebenarnya berkembang sebelum Indonesia merdeka. Bahkan, pertanian merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat lampau.

"Sektor pertanian memainkan peran penting sebagai pemenuhan kebutuhan pangan jutaan masyarakat Indonesia," jelas Syukur.

Museum ini dibangun untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang kejayaan dan sejarah pertanian Indonesia. Bukan hanya sejarah, kebijakan pemerintah dari setiap presiden pun dijelaskan di museum ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close