Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kementan Sukses Gelar Tani On Stage di CFD Makassar

Minggu, 15 Desember 2019 – 21:51 WIB
Kementan Sukses Gelar Tani On Stage di CFD Makassar - JPNN.COM
Mentan di acara Tani On Stage Car Free Day (CFD) di Monumen Mandala, Makasar. Foto: Kementan

jpnn.com, MAKASSAR - Kementerian Pertanian (Kementan) kembali  menggelar Tani On Stage (TOS) di Makasar, Sulawesi Selatan (Sulsesl), Minggu (15/12). Kegiatan yang digelar bersamaan dengan car free day (CFD) di Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar itu dihadiri sekitar 5.000 orang.

TOS diawali kegiatan bersepeda bareng Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Acara lainnya dalam TOS adalah Senam Grati-eks, jalan santai mengelilingi area CFD, pameran komoditas ekspor unggulan dari wilayah Indonesia Timur, pertemuan komunitas hewan kesayangan, edukasi agropolitan, dan ditutup dengan penampilan penyanyi Wika Salim.

Pada kesempatan itu Mentan Syahrul Yasin mengatakan bahwa menjaga makanan yang sehat bukan hanya tugas pemerintah ataupun Kementan. Menurutnya, masyarakat juga harus menjadi bagian dari gerakan itu.

“Kami menggelar Tani On Stage untuk menggetarkan ayo makan sehat," ujar Menteri Syahrul.

Lebih lanjut mantan Gubernur Sulsel itu mengatakan, tujuan Kementan menggelar TOS adalah membiasakan masyarakat dengan makanan sehat. Menurut Syahrul, setiap orang Indonesia mengonsumsi beras 111 kilogram per tahun, atau jauh lebih tinggi dari negara lain.

“Masyarakat Jepang makan 60 kilogram per orang per tahun dan di Malaysia 75 kilogram. Di Indonesia sendiri makan 111 kilogram beras per orang per tahun, kalau dia punya bobot besar  itu pasti akan mengundang berbagai penyakit,” katanya.

Selain itu, Kementan menggelar TOS juga untuk melakukan diversifikasi variasi makanan. “Jadi tidak hanya beras tetapi makanan yang lainnya," ujarnya.

Syahrul menambahkan, Kementan terus menjalankan Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Komoditas Pertanian (Grati-eks). Menurutnya, saat ini titik berat pada komoditas yang mempunyai peluang pasar.

Kementan kembali menggelar Tani On Stage Car Free Day (CFD) di Monumen Mandala, Makasar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close