Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kementan Tekankan Pentingnya Keamanan Pangan Produk UMKM Hortikultura

Rabu, 21 Juli 2021 – 20:52 WIB
Kementan Tekankan Pentingnya Keamanan Pangan Produk UMKM Hortikultura - JPNN.COM
Penganan dari olahan hortikultura. Foto: Ditjen Hortikultura

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto memaparkan salah satu program Ditjen Hortikultura untuk meningkatkan daya saing adalah dengan penumbuhan UMKM hortikultura.

Melalui UMKM ini, pihaknya akan memfasilitasi kelompok tani dengan sarana dan prasarana pascapanen sehingga mampu menghasilkan produk olahan berdaya saing dan berorientasi ekspor.

“Kami akan memfasilitasi kelompok tani kelompok wanita tani yang memiliki keinginan untuk meningkatkan taraf hidup melalui usaha dan kegiatan pascapanen produk hortikultura,” ungkap Prihasto, Senin (19/7).

Menurutnya, hal itu sebagai tindak lanjut arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan kepada seluruh jajarannya untuk tetap memberikan bimbingan dan pembinaan kepada petani di masa pandemi Covid-19 ini.

Ditjen Hortikultura pun menyelenggarakan rangkaian bimbingan teknis (bimtek) secara daring melalui virtual literacy.

Mengawali rangkaian Bimtek Edisi Ketiga, Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura (PPHH) mengangkat isu keamanan pangan sebagai topik utama dengan tajuk Aspek Keamanan Pangan Mendukung Peningkatan Nilai Tambah dan Daya Saing Produk Hortikultura.

Bimtek ini terselenggara atas kerja sama Direktorat Jenderal Hortikultura dan Pustaka Kementan.

Peningkatan daya saing produk hortikultura dapat dilakukan melalui mekanisme penjaminan mutu dan keamanan pangan. Penerapan jaminan mutu merupakan langkah penting bagi pelaku usaha untuk mendapatkan pengakuan formal terkait dengan jaminan mutu yang diwujudkan dalam bentuk sertifikat atau nomor pendaftaran serta izin edar.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan kepada seluruh jajarannya untuk tetap memberikan bimbingan dan pembinaan kepada petani di masa pandemi Covid-19 ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close