Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemlu Sayangkan Cara Palestina Menggalang Dukungan Masjid Indonesia

Jumat, 13 Oktober 2023 – 21:13 WIB
Kemlu Sayangkan Cara Palestina Menggalang Dukungan Masjid Indonesia - JPNN.COM
Aktivis pembela Palestina merayakan Hari Al-Quds Internasional dengan menggelar aksi damai. Foto: dok. aktivis pembela Palestina

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri menyayangkan pengiriman surat dari Duta Besar Palestina untuk RI Zuhair Al Shun kepada pengurus masjid seluruh Indonesia, yang meminta mereka mengangkat isu Palestina dalam khotbah salat Jumat.

Menurut Juru Bicara Kementerian Luaer Negeri Lalu Muhamad Iqbal, tanpa perlu dikirimi surat resmi tersebut, hampir seluruh masjid di Indonesia selalu mendoakan saudara-saudara Muslim di Palestina, Afghanistan, atau wilayah konflik lainnya, sesuai ajaran Islam.

"Hanya sayangnya, kami juga sudah sampaikan ke Kedutaan Palestina, sayangnya permintaan itu disampaikan secara resmi dalam bentuk surat. Seharusnya beliau (Dubes Palestina) melakukan pertemuan dengan pihak-pihak tersebut," kata Iqbal dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Namun, Iqbal menyatakan Indonesia bisa memahami Dubes Palestina melakukan pendekatan tersebut sebagai bagian dari tugasnya dalam memajukan hubungan antarpemerintah dan antarmasyarakat kedua negara.

Berdasarkan salinan surat yang telah dikonfirmasi ANTARA, Zuhair pada intinya berterima kasih kepada pengurus masjid-masjid Indonesia atas dukungan terhadap Palestina, khususnya Al-Aqsa, dan perjuangan kemerdekaan rakyat Palestina.

Dalam suratnya, Zuhair meminta agar masjid-masjid di seluruh Indonesia menyampaikan khotbah Jumat pada 13 Oktober 2023 yang membahas isu Palestina, Baitul Maqdis, Al-Aqsa, dan menegaskan bahwa pendudukan Israel terhadap Palestina adalah pelanggaran terhadap hak-hak rakyat Palestina.

Surat itu dikirimkan Zuhair menyusul perang terkini di Timur Tengah ketika pasukan Israel melancarkan serangan balasan Jalur Gaza srtrelah Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober lalu.

Dalam serangan mendadak dari segala arah itu, Hamas menembakkan roket dan menyusup ke Israel melalui darat, laut, dan udara.

Kedubes Palestina telah meminta masjid di seluruh Indonesia untuk mengangkat situasi terkini di Gaza dan konflik dengan Israel dalam khotbah Jumat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close