Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sekjen Kemnaker Temui 2 Pejabat Penting di Nagano, Bahas Kerja Sama Pengembangan SDM

Sabtu, 31 Agustus 2024 – 06:51 WIB
Sekjen Kemnaker Temui 2 Pejabat Penting di Nagano, Bahas Kerja Sama Pengembangan SDM - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi saat melakukan kunjungan kerja dan bertemu Ketua Dewan Prefektur Nagano Nishizawa Masataka, serta Gubernur Nagano Shuichi Abe pada Kamis (30/8). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, NAGANO, JEPANG - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi melakukan kunjungan kerja dan bertemu Ketua Dewan Prefektur Nagano Nishizawa Masataka, serta Gubernur Nagano Shuichi Abe pada Kamis (30/8).

Pertemuan dengan dua pejabat penting tersebut yang berlangsung di Prefektur Nagano, Jepang itu bertujuan merintis kerja sama pengembangan sumber daya manusia (SDM) antara Indonesia dan Jepang.

Dalam pertemuan dengan Nishizawa Masataka, Sekjen Anwar Sanusi mendapat penjelasan bahwa Nagano merupakan provinsi dengan rasio pekerja senior tertinggi di Jepang.

Tingginya angka harapan hidup di Nagano dikaitkan dengan kondisi kehidupan dan makanan yang baik.

Nishizawa juga menanyakan kemungkinan lulusan pelatihan vokasi dari Indonesia untuk bekerja atau magang di Nagano.

Menanggapi hal ini, Sekjen Anwar menjelaskan Kemnaker menaungi Balai Pelatihan Vokasi milik pemerintah dan swasta sehingga peluang untuk bekerja sama dalam bidang tersebut sangat besar.

Dia menyampaikan pelatihan unggulan di Indonesia mencakup sektor hospitality, otomotif, pertanian, dan pengolahan makanan.

Sementara itu, Gubernur Nagano Shuichi Abe menyampaikan lebih dari 2.500 pekerja migran Indonesia (PMI) saat ini bekerja di Prefektur Nagano.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi membahas kerja sama pengembangan SDM antara Indonesia dan Jepang saat menemui dua pejabat penting di Nagano

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA