Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemnaker: Kerja Sama Indonesia-Filipina Diharapkan Akan Terus Berkembang

Jumat, 07 Juni 2024 – 15:54 WIB
Kemnaker: Kerja Sama Indonesia-Filipina Diharapkan Akan Terus Berkembang - JPNN.COM
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan Indonesia berkomitmen memperkuat kerja sama dengan Filipina di bidang ketenagakerjaan. Foto: Kemnaker

jpnn.com, JENEWA - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Indonesia, Anwar Sanusi mengatakan Indonesia berkomitmen memperkuat kerja sama dengan Filipina di bidang ketenagakerjaan.

Pernyataan itu disampaikan Sekjen Anwar dalam pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Ketenagakerjaan Filipina Benedicto Ernesto R. Bitonio.

“Pertemuan bilateral ini berfokus pada kolaborasi dalam kerangka ASEAN, dukungan bersama di Komite Ahli International Labour Organization (ILO), serta kerja sama dalam isu-isu ketenagakerjaan yang menjadi kepentingan bersama,” ujar Anwar di sela-sela Konferensi Perburuhan International/International Labour Conference (ILC), Jenewa, Kamis (6/6).

Anwar menyampaikan apresiasinya atas kepemimpinan Filipina dalam pertemuan para Menteri Tenaga Kerja ASEAN (ASEAN Labour Ministers Meeting/ALMM) dan Pertemuan Pejabat Senior Tenaga Kerja (Senior Labour Official Meeting/SLOM) periode 2022-2024.

Dia meminta dukungan Filipina untuk inisiatif Indonesia di KTT ASEAN mendatang, khususnya mengenai Panduan ASEAN tentang Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Perikanan.

Menurut Anwar Indonesia dan Filipina sepakat untuk saling mendukung di Komite Ahli ILO.

Dia menegaskan komitmen Indonesia dalam memberikan informasi yang diperlukan terkait implementasi Konvensi 98 (Hak Berorganisasi dan Melakukan Perundingan Bersama) di Indonesia dan mengapresiasi respons Filipina yang juga aktif memberikan penjelasan tertulis kepada ILO.

Indonesia melihat Filipina sebagai mitra strategis dalam memperjuangkan kepentingan negara berkembang di forum ILO.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan Indonesia berkomitmen memperkuat kerja sama dengan Filipina di bidang ketenagakerjaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close