Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemnaker Terus Matangkan Persiapan Penempatan Pekerja Migran ke Taiwan

Selasa, 09 November 2021 – 18:35 WIB
Kemnaker Terus Matangkan Persiapan Penempatan Pekerja Migran ke Taiwan - JPNN.COM
Dirjen Binapenta dan PKK Suhartono menghadiri pertemuan Joint Task Force Indonesia - Taiwan secara virtual di Bekasi, Selasa (9/11). Foto: Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mematangkan persiapan penempatan pekerja migran ke Taiwan.

Salah satuya melalui pertemuan secara virtual bersama BP2MI, KDEI, Pemerintah Taiwan, dan The Taipei Economic and Trade Office (TETO).

"Pertemuan ini sangat penting bagi kedua pihak, baik Indonesia maupun Taiwan untuk terus mematangkan skema penempatan dan pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan," ungkap Dirjen Binapenta dan PKK Suhartono pada pertemuan Joint Task Force Indonesia - Taiwan secara virtual di Bekasi, Selasa (9/11).

Suhartono menyampaikan pada pertemuan tersebut disampaikan terkait upaya dan progres yang telah dicapai Pemerintah Indonesia untuk memenuhi beberapa persyaratan Otoritas Taiwan, yaitu angka pertambahan kasus Covid-19 harus 5 ribu per hari selama 7 hari.

Selain itu, menitikberatkan pada perbaikan pedoman pencegahan wabah, yaitu tes PCR untuk calon PMI sebelum diproses pada kantor perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) atau Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLK-LN) dan dilakukan tes PCR kembali 3 hari sebelum keberangkatan ke Taiwan serta karantina 1 orang per kamar.

Pemerintah Indonesia juga melakukan pengecekan lapangan kepada P3MI atau BLK-LN dengan berkoordinasi bersama TETO untuk memastikan lembaga penempatan tersebut sudah mematuhi protokol kesehatan.

Poin berikutnya menunjuk 50 rumah sakit atau laboratorium pelaksana polymerase chain reaction test (PCR Tes).

"Kami juga ingin menyampaikan kepada Otoritas Taiwan terkait progres pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 oleh Pemerintah Indonesia," sebut Dirjen Suhartono.

Kemnaker terus mematangkan skema penempatan dan perlindungan bagi pekerja migran yang akan diberangkatkan ke Taiwan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close